Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menilai Kabupaten Banyuwangi memiliki skenario jelas dalam pengembangan pariwisata dan mengapresiasi upaya yang dilakukan dalam mengembangkan sektor wisatanya dengan melibatkan masyarakat.

"Pariwisata harus punya strategi seperti yang dilakukan Banyuwangi. Bagaimana memberdayakan dan menggerakkan rakyat untuk menggeliatkan sektor wisata, bagaimana pariwisata ini bisa berdampak ke warganya. Setiap daerah harus punya strategi pengembangan pariwisata seperti Banyuwangi, jadi bukan hanya punya destinasi lalu promosi dan selesai," kata Menteri Wishnutama saat kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Rabu malam.

Menteri Pariwisata Wishnutama mengapresiasi Banyuwangi dengan mewujudkan pengucuran program yang dapat mengakselerasi sektor wisata daerah, salah satunya melakukan revitalisasi fasilitas di tempat wisata atau amenitas di sejumlah titik destinasi wisata di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Beberapa dukungan yang akan kami lakukan di Banyuwangi, yaitu revitalisasi amenitas di sejumlah tempat, di antaranya Agro Wisata Tamansuruh, Pantai Grand Watudodol, Pantai Pulau Merah, Alas Purwo, dan Bangsring Underwater," paparnya.

Wishnutama menyampaikan siap mendukung Banyuwangi, termasuk membantu menyediakan fasilitas untuk menciptakan wisata yang bersih, sehat, dan aman agar bisa tetap produktif serta aman dari COVID-19.

"Pemulihan sektor wisata akan kembali membuka lapangan pekerjaan," ujarnya.

Informasi yang dihimpun, dengan protokol kesehatan ketat, destinasi dan desa wisata kini mulai banyak dikunjungi wisatawan dan okupansi hotel serta homestay mengalami peningkatan. Pelaku UMKM dan olahan pangan juga mulai banyak menerima pesanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio kembali kunjungan kerja ke Banyuwangi bersama rombongan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020