Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Sekolah Menengah Kejuruan Jawa Timur menggelar web seminar atau webinar nasional menggunakan aplikasi Zoom meeting mengenai teknik merilis emosi atau EFT bagi para guru di tengah menghadapi pandemi COVID-19, 15 - 18 Juli 2020.

"Belajar dari pandemi COVID-19 ini, berbagai masalah banyak dihadapi siswa. Karena itu, para guru BK, juga harus mengantisipasi akibat-akibat yang ditimbulkan dari pandemi ini, misal siswa mengalami tekanan karena merasa terkurung di rumah atau masalah terkait belajar secara daring," kata Ketua MGBK SMK Jatim Abd Muis, SPd, MM di Jember, Jawa Timur, Senin malam.

Ia menjelaskan salah satu metode yang bisa membantu para guru mendampingi para siswa menyelesaikan persoalannya adalah metode Emotional Freedom Technique (EFT).

Sebelumnya, MGBK Jatim juga sudah menggelar webinar pengenalan EFT ini kepada para guru dan kali ini lebih ditekankan pada bagaimana para guru mempraktikkan EFT itu untuk menyelesaikan masalah emosi.

"Webinar ini bertujuan meningkatkan kecakapan para guru alam melaksanakan layanan bimbingan konseling dan bisa memahami teori dan praktik EFT kepada siswa di era pandemic COVID-19, termasuk pascapandemi nantinya," katanya.

Guru SMKN 4 Jember ini menjelaskan bahwa webinar ini akan menghadirkan dua pemateri yang juga ahli dalam bidang EFT, yakni Dr Budi Purwoko, MPd (dosen Unesa) dan Untung Rifa’i, S.Pd (guru BK SMKN I Sampang yang juga praktisi EFT serta relawan yang sering membantu para penyintas bencana menyembuhkan trauma).

"Awalnya kami rencanakan webinar ini untuk guru BK, yang memang sesuai bidangnya, tapi ternyata guru mata pelajaran di semua jenjang pendidikan juga banyak yang berminat, akhirnya dibuka untuk umum. Karena manfaat yang luar biasa dari EFT ini, baik bagi diri sendiri, maupun untuk menolong orang lain (siswa). Alhamdulillah peserta tersebar dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk dari luar Jawa," katanya.

Ia menjelaskan secara sederhana EFT adalah teknik menyelesaikan masalah emosi dengan mengetuk-ngetuk titik-titik meridian pada tubuh seseorang.

Ketika seseorang mengalami masalah emosi, medan energi di dalam tubuhnya mengalami gangguan. Metode EFT ini berusaha menyelaraskan kembali medan energi seseorang sehingga emosinya kembali stabil.

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020