Tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit (RS) di Jawa Timur mendapat bantuan PT Uni-Charm Indonesia Tbk sebanyak 40 ribu lembar popok dewasa, tujuannya untuk menunjang aktivitas kedokteran dalam menangani pasien COVID-19.

Pejabat representatif Manajemen PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Kozo Nozaki di Surabaya, Jumat mengatakan, popok dewasa bagi tenaga kesehatan sangat penting, mengingat aktivitasnya selama 24 jam dalam merawat dan melayani pasien di rumah sakit.

Ia mengatakan, para tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bertugas dalam waktu yang cukup lama dengan kewajiban selalu menggunakan APD  terbatas, terkadang memaksa mereka untuk harus bisa menahan buang air kecil hingga berjam-jam. 

Oleh karena itu, kata dia, pemakaian popok dewasa sekali pakai sangat bermanfaat sekali bagi para tenaga medis dalam penanganan pasien COVID-19, dan juga bagi para pasien usia senior.

"Sebagai petugas medis, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk turun ke lapangan menangani langsung pasien positif COVID-19 yang dirawat. Sehingga, menggunakan APD merupakan kewajiban kami setiap hari saat memasuki zona merah. Memang menggunakan APD seperti kelihatannya, sangat tidak nyaman, dari mulai kesulitan bernapas, menahan lapar hingga menahan buang air," katanya, dalam keterangan persnya.

Bantuan popok dewasa ini, sebagai kelanjutan dari aktivitas donasi ke 32 RS Rujukan di wilayah Jakarta dan Karawang yang dilakukan  Mei lalu oleh PT Uni-Charm Indonesia Tbk.

Sementara itu, donasi lebih dari 40,000 lembar popok dewasa telah diserahkan langsung kepada kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jawa Timur yang berlokasi di Gedung Negara Grahadi, dan diterima Abimanyu Ponco Atmojo Iswinarno, MM selaku Asisten Administrasi Umum Setdaprov Jatim.

"Melihat apa yang terjadi dan dialami oleh petugas medis di lapangan sehari-hari membuat kami merasa bahwa perusahaan perlu mengambil langkah untuk turut berkontirbusi, terutama  mempertimbangkan bahwa produk kami menjadi solusi dari permasalahan ini," kata Kozo Nozaki.

Sementara, Abimanyu mengatakan sangat banyak terima kasih kepada PT Uni-Charm Indonesia Tbk atas donasi produk yang diberikan untuk petugas medis di Jawa Timur. 

"Seperti yang kita ketahui, banyak kendala yang setiap harinya dihadapi oleh petugas medis di lapangan saat menangani pasien dengan APD lengkap. Produk ini sejatinya akan sangat bermanfaat bagi para petugas medis yang harus menggunakan APD seefektif mungkin sehingga terbatasi ruang geraknya untuk buang air ketika di zona merah," katanya.

Ia berharap dukungan untuk tenaga medis ini dapat bermanfaat saat mereka menjalankan tugas dan dedikasi tanpa batas dalam profesinya, sehingga momen-momen berharga saat menangani pasien tetap diliputi rasa nyaman dan tidak khawatir akan gangguan kesehatan lain. 

"Dengan berkontribusi melalui donasi ini, tentunya akan lebih dapat meningkatkan nilai kemanusiaan bagi kami, sehingga dalam penciptaan produk pun kami akan selalu terus mengutamakan sejauh mana kami dapat berkontribusi secara positif dan memberikan kualitas produk terbaik dan terdepan terhadap masyarakat," katanya. (*)
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020