Pasien terkonfirmasi positif terinfeksi Corona Virus Disease 19 atau COVID-19 di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Senin, 25 Mei 2020, kembali bertambah satu orang sehingga pasien positif corona menjadi tujuh orang.

Pasien 07 positif COVID-19 tersebut, merupakan warga Banyuwangi yang selama ini rutin berobat ke Surabaya karena penyakit tertentu.

"Pasien nomor 07 ini mempunyai penyakit yang sejak tahun 2018 mengharuskan yang bersangkutan berobat rutin ke Surabaya. Pasien 07 merupakan seorang pria 24 tahun warga Kecamatan Siliragung," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono di Banyuwangi, Senin.

Ia menjelaskan, sejak 2018 pasien COVID-19 nomor 07 itu berobat rutin ke Rumah Sakit Airlangga Surabaya, dan pada periode Februari-Maret 2020, yang bersangkutan tiga kali kontrol ke Surabaya, selanjutnya pada 23 April 2020 pasien sempat dirawat inap di RS Airlangga Surabaya.

Pada 18 Mei 2020, lanjut Rio (sapaan akrabnya), pasien dibawa ke IGD RSUD dr Soetomo Surabaya, untuk dilakukan suatu tindakan medis guna penanganan penyakitnya. Namun, karena masa pandemi, maka prosedurnya dilakukan tes terkait COVID-19 dengan dilakukan tes swab, dan diketahui hasilnya positif terinfeksi corona.

"Pasien COVID-19 nomor 07 tersebut saat ini masih menjalani perawatan medis di RSUD dr Soetomo Surabaya," kata dokter lulusan Universitas Airlangga itu.

Meski pasien 07 di Surabaya, katanya, Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Banyuwangi, tetap akan melakukan pelacakan terhadap kontak dekat pasien.

"Kami tetap melakukan pelacakan (tracing) dan tes cepat  (rapid test), juga tes swab sesuai protokol penanganan COVID-19," ujarnya.

Dari tujuh pasien positif di Banyuwangi,  tercatat satu pasien dinyatakan sembuh, satu pasien meninggal dunia, dan lima pasien corona lainnya dalam perawatan. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020