Masyarakat Indonesia adalah penggila makanan, itulah setidaknya kesimpulan menurut GrabFood yang  membongkar 5 kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia selama Ramadhan 2020.

Inilah 5 kebiasaan masyarakat Indonesia selama Ramadhan menurut GrabFood:

1.Menu ayam goreng sangat disukai. Lebih dari 4,2 juta menu olahan ayam goreng yang terjual. Jika disusun piring secara mendatar, dari 4,2 juta porsi ayam goreng ini   panjangnya mencapai 168 kilometer, atau setara dengan jarak dari Ancol di Jakarta Utara hingga Gedung Sate di Bandung. 
 
Menu ayam tetap menjadi primadona sebagian besar masyarakat pada bulan Ramadhan tahun ini. Jika tahun 2019 lalu ayam penyet menjadi favorit, tahun 2020 aneka olahan ayam goreng seperti egg chicken roll dan ayam goreng crispy menjadi incaran.

2.Pada tahun 2019 lalu, pisang goreng hangat dan legit dipilih masyarakat sebagai takjil pembuka puasa, tapi tahun ini beralih ke udang rambutan dan juga mie pedas. Untuk penyegar, pelanggan GrabFood banyak memesan susu segar.

3.Menggunakan layanan pengantaran terjadwal. Berdasarkan data Grab, sebanyak 70 persen masyarakat memanfaatkan fitur ini untuk memesan hidangan berbuka, mulai pukul 12.00 siang hingga  15.00 sore untuk diantarkan pada pukul 16.30 sampai 18.00 petang. Sedangkan lima persen pengguna fitur pengantaran terjadwal juga memanfaatkan fitur ini untuk memesan hidangan makan sahur untuk diantarkan antara
pukul 02.00  hingga 03.30 pagi.


4.Pesanan terbanyak dalam sekali pesan dari Bali. Seorang pelanggan di Bali   memesan 27 porsi aneka makanan, termasuk spaghetti carbonara, steak sapi, nasi goreng, grilled chicken, dan lain-lain. Total harga pesanan mencapai hampir dua juta rupiah. 

5. Selain GrabFood, masyarakat juga dapat memesan melalui jaringan cloud kitchen GrabKitchen di berbagai kota di Indonesia.Dengan GrabKitchen masyarakat yang ingin memesan lebih dari satu jenis makanan sekaligus dapat menggunakan fitur All in One.Pelanggan yang menggunakan layanan ini biasanya memesan menu bento dan oriental, serta menu sehat seperti salad dan wrap.

Untuk menghilangkan dahaga, pelanggan biasa memesan juga es kopi dan aneka kreasi teh seperti cheese tea dan bubble tea yang kini lagi ngetren.

Biasanya, masyarakat Indonesia melakukan pemesanan di GrabKitchen pada pukul 16.00 hingga pukul 20.00 dan hari tersibuk untuk GrabKitchen adalah Sabtu dan Minggu yang berarti akhir pekan. (*)






 

 

Pewarta: SHP

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020