Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Jawa Timur mendistribusikan bantuan kebutuhan pokok dari Pemprov Jatim ke 38 kabupaten/kota untuk membantu masyarakat terdampak akibat pandemi COVID-19.

"Paket sembako dari Pemprov Jatim dan donatur, kemudian kami bantu pendistribusiannya untuk masyarakat di daerah," ujar Ketua MCCC Jatim Tamhid Masyhudi di sela pemberangkatan pendistribusian di Kantor PW Muhammadiyah Jatim di Surabaya, Senin.

Bantuan sembako yang dikirim berupa beras, telur, gula, kecap, kerupuk, minyak goreng, mi instan, serta ditambah masker dan cairan pembersih tangan.

Pola pembagiannya, kata dia, relawan MCCC dari daerah se-Jatim datang ke kantor PWM dengan diterapkan aturan protokol kesehatan, seperti cuci tangan menggunakan air mengalir sebelum masuk kantor dan jaga jarak atau physical distancing.

Di tempat sama, Ketua Lembaga Amal, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Jatim Zainul Muslimin menyampaikan bahwa pendistribusian sembako pada gelombang kedua ini adalah amanah dari Pemprov Jatim yang totalnya 2.500 paket.

"Muhammadiyah tetap punya komitmen untuk membantu masyarakat dan sasarannya tak memandang ideologis maupun agama," ucapnya.

Pendakwah yang juga dokter hewan tersebut juga berkomitmen MCCC akan terus bergerak membantu dan bersinergi dengan pemerintah mengatasi wabah COVID-19 ini hingga berakhir.

"Dengan kebersamaan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah, diharapkan mampu menangani wabah corona ini dan perekonomian normal kembali, serta kehidupan masyarakat berjalan seperti biasanya," katanya.

Sementara itu, Ketua PW Aisyiyah Jatim Dalilah Candrawati menegaskan kesiapannya bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama berjuang melawan COVID-19.

"Pada situasi ini, Aisyiyah sebagai ortom Muhammadiyah tak mungkin untuk tidak bersinergi. Kader Aisyiyah di seluruh Jatim siap bergerak untuk masyarakat dan berdoa agar situasi di negara ini kembali normal," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020