Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyiapkan sepuluh rumah toko atau ruko di areal Sun City Biz Arteri Porong sebagai tempat alternatif untuk perawatan pasien COVID-19.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin di Sidoarjo, Kamis, mengatakan bahwa ruko itu disiapkan setelah memastikan bangunan yang berada di Tulangan juga akan dijadikan tempat alternatif perawatan pasien COVID-19.

"Sekarang ada lagi tempat alternatif, yaitu ruko di Sun City Biz Arteri Porong yang rencananya juga akan digunakan untuk perawatan pasien COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, sepuluh bangunan ruko dua lantai yang terletak di jalan arteri Porong ini dinilai cukup layak, karena menampung puluhan pasien dan lokasinya juga jauh dari permukiman padat penduduk.

"Bangunannya cukup layak dipakai alternatif tempat perawatan pasien COVID-19, jauh dari rumah warga dan tinggal mengisi peralatan yang dibutuhkan," katanya.

Ia mengatakan, ada tiga tempat yang dijadikan sebagai alternatif penampungan pasien COVID-19, yakni di daerah Tulangan, Krian, dan Porong.

"Jika nantinya ruko tersebut jadi digunakan, maka pasien yang dirawat di tempat ini merupakan pasien kategori ringan hingga sedang," katanya.

Untuk tempat isolasi, menurut Cak Nur (panggilan akrab wabup), membutuhkan ruangan khusus dan harus dilengkapi peralatan yang memadai seperti di rumah sakit rujukan COVID-19.

"Sebagai pengusaha, saya berkeinginan membantu pemerintah dengan meminjamkan sepuluh ruko saya di Sun City Biz ini untuk dipakai penanganan pasien COVID-19", ujar Hidar, selaku pemilik ruko.

Hidar juga mempersilakan Pemkab Sidoarjo untuk menggunakan ruko itu selama diperlukan di masa pandemi COVID-19 ini.

"Silakan dipakai, kami tidak membatasi waktu, jadi ini murni tujuan saya membantu pemerintah," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020