Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, memberikan layanan customer service live dalam rangka meminimalisir penyebaran virus corona atau COVID-19 di dalam wilayah bandar udara itu.

Kolonel (P) Heru Prasetyo selaku General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Jumat mengatakan, pihaknya terus melakukan inovasi dalam pelayanan guna mendukung pemerintah dalam meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Customer Service Live adalah layanan kepada para pengguna jasa kebandarudaraan menggunakan layar monitor, pengeras suara dan kamera yang digunakan untuk berkomunikasi secara langsung tanpa bertemu secara fisik," katanya.

Ia mengatakan, fisik petugas customer service saja yang tidak bertemu secara langsung, namun pelayanan yang diberikan akan tetap sama.

"Sehingga para pengguna jasa kebandarudaraan tidak perlu khawatir karena pemberian informasi dan penanganan keluhan akan tetap dilayani dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, untuk menggunakannya penumpang atau pengguna jasa hanya perlu menghadap ke kamera layaknya melakukan panggilan video di aplikasi percakapan.

Heru menjelaskan bahwa Customer Service Live ini bagian dari upaya program physical distancing yang saat ini sedang disosialisasikan oleh pemerintah.

“Kami berharap tentunya dengan adanya inovasi ini dapat mencegah penyebaran Virus Corona baik kepada pengguna jasa maupun petugas bandara tanpa mengurangi performa pelayanan. Sehingga kami dapat terus memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa kebandarudaraan," katanya

Sebelumnya pada awal Maret, pihaknya terlebih dahulu mensosialisasikan program social distancing di area pelayanan publik di bandara baik Terminal 1 (T1) maupun Terminal 2(T2).

Dimana telah terpasang garis kuning dengan jarak satu meter di antrian SCP 1, antrian check in dan area pemeriksaan tiket penerbangan serta pengaturan jarak tempat duduk di ruang tunggu.

Selain itu upaya lain yang dilakukan dalam meminimalisir penyebaran COVID-19 dengan memasang 2 bilik antikuman dari Pemerintah Kota Surabaya, masing-masing terletak pada area kedatangan Terminal 1 (T1) dan Terminal 2 (T2). (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020