Lembaga Swadaya Masyarakat Aksi Cepat Tanggap (ACT) wilayah Malang menggelar operasi pangan gratis untuk warga Kota Batu, Jawa Timur, yang terdampak penyebaran COVID-19.

Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kota Batu Dedy Setiawan mengatakan para penerima bantuan pangan tersebut, merupakan para pedagang atau tulang punggung keluarga, yang tidak bisa lagi berjualan karena terdampak penyebaran COVID-19.

"Sasaran operasi kali ini adalah para pedagang yang tidak bisa berjualan lagi akibat dampak COVID-19," kata Dedy dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat.

Dalam upaya menekan penyebaran COVID-19, pemerintah mengambil langkah agar masyarakat beraktivitas di rumah. Upaya tersebut merupakan langkah efektif untuk menekan penyebaran COVID-19, namun berdampak pada pendapatan pekerja sektor informal.

Dedy menerangkan program operasi pangan tersebut diberikan kepada para janda yang menjadi tulang punggung keluarga, serta masyarakat berpenghasilan rendah yang hidup di bawah kondisi layak, dan terdampak penyebaran COVID-19.

Bantuan kali ini, lanjutnya, diserahkan kepada masyarakat yang berada di wilayah Desa Oro-Oro Ombo, Sisir, Pesanggrahan, dan wilayah Bumiaji, Kota Batu. Bantuan tersebut berupa paket bahan pokok penting, seperti minyak goreng, beras, dan gula.

"Bantuan operasi pangan ini merupakan bantuan sembako kebutuhan makan sehari hari,“ kata Dedy.

Program Operasi Pangan Gratis tersebut, merupakan kerja sama antara berbagai elemen masyarakat, termasuk Universitas Negeri Malang. Elemen masyarakat tersebut, menyerahkan bantuan kepada ACT Malang, yang didistribusikan ke penerima manfaat.

"Operasi ini akan terus berlanjut sampai wabah berakhir," ujar Dedy.

Di wilayah Malang Raya hingga Kamis (2/4), ada 11 orang positif terjangkit virus yang pertama kali merebak di Wuhan, China itu. Untuk Kota Batu, tercatat ada satu pasien yang dinyatakan positif COVID-19.

Sementara di wilayah Kabupaten Malang, tercatat ada lima orang yang dinyatakan positif, dengan satu orang pasien meninggal dunia. Sedangkan di Kota Malang, tercatat lima orang positif terjangkit COVID-19, dimana tiga orang telah dinyatakan sembuh. (*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020