Dewan Pimpinan Cabang  Partai Gerakan Indonesia Raya (DPC Gerindra) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur,  mengajukan usulan rekomendasi kepada partainya agar Karna Suswandi menjadi bakal calon bupati Situbondo pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) yang akan dilaksanakan 23 September 2020.

Ketua DPC Partai Gerindra Situbondo, Jainur Ridho mengatakan, keputusan memilih Karna Suswandi untuk diusulkan dan memperoleh rekomendasi dari DPP Gerindra, telah melalui rapat kerja cabang khusus (Rakercabsus), dan juga melaksanakan rapat pleno bersama 17 PAC Gerindra.

"Setelah kami melaksanakan Rakercabsus langsung melakukan rapat pleno. Dan hasil pleno bersama dengan 17 PAC, sebanyak 15 PAC sepakat mengusung Karna Suswandi, sedangkan dua PAC lainnya menyerahkan ke DPC," kata Zaenur Ridho kepada wartawan usai Rapat Kerja Cabang Khusus DPC Gerindra dii Situbondo, Minggu.

Ia menegaskan bahwa DPC Gerindra Situbondo telah melaksanakan mekanisme penjaringan bacabup sebelumnya. Ada delapan orang yang mendaftar, empat orang di antaranya mengembalikan berkas atau formulir pendaftaran.

Menurut Zaenur Ridho, karena Partai Gerindra hanya memiliki enam kursi di DPRD, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik untuk menjalin koalisi.

"Kami menjalin komunikasi yang intens dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)," kata Wakil Ketua DPRD Situbondo itu.

Perwakilan DPP Gerindra, Sumail Abdullah yang hadir dalam Rapat Kerja Cabang Khusus DPC Gerindra mengatakan, siapapun yang direkomendasikan oleh DPP nantinya, harus memenangi dalam pilkada.

"Harapan kami kepada semua PAC yang terserbar di 17 kecamatan, dan simpatisan harus all out memenangi pilkada," ucapnya.

Sumail mengaku optimistis siapapun yang diusung Partai Gerindra akan memenanginya. Katanya, hal itu terbukti saat pemilu legislatif, Gerindra di Situbondo menang 100 persen.

"Kami mempunyai kader yang militan, InsyaAllah yang diusung Partai Gerindra l menang," kata anggota DPR RI itu.

Rakercabsus DPC Gerindra Situbondo, juga dihadiri keempat kandidat lainnya, di antaranya, Yasin Kara, Zainuri Ghazali, Emyati dan Karna Suswandi. Empat orang kandidat ini juga menyampaikan visi dan misinya.

Sebelumnya, DPC PPP Situbondo juga mengusung Karna Suswandi sebagai bakal calon bupati, dan dari partai berlambang ka'bah itu, Bacabup Bung Karna (sapaan akrabnya) saat ini tinggal menunggu rekomendasi dari DPP PPP. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020