Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak warganya kembali pada gaya hidup sehat dengan giat olahraga, agar badan selalu sehat, sehingga daya tahan tubuh juga bagus terjauh dari berbagai macam virus penyakit termasuk corona.

"Kita sedang ada musibah yaitu virus Corona. Sebenarnya virus ini juga tidak terlalu berbahaya. Terpenting harus menjaga daya tahan tubuh kita dengan berolahraga seperti sepedahan ini," kata Wali Kota saat menghadiri kegiatan funride dalam rangka 1st Anniversary Harmoni Cycling Club (HCC) dan peresmian Jersey HCC 2020 di Kediri, Jawa Timur, Minggu.

Dikatakan, banyak cara untuk menciptakan gaya hidup sehat, salah satunya untuk menangkan virus corona yang saat ini menyebar dengan cepat. Penyebaran virus ini telah terjadi di berbagai negara tak terkecuali di Indonesia.

Mas Abu, sapaan akrabnya menilaik kegiatan funride ini merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak panik lalu membeli masker secara berlebihan.

"Beberapa waktu lalu saya ke apotek dan masker sudah kosong dimana-mana. Saya sangat mengimbau juga agar penjual masker tidak menjual dalam jumlah yang banyak kecuali kepada rumah sakit. Karena memang tenaga medis yang sangat membutuhkannya," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Mas Abu juga berharap ke depannya semakin banyak penggiat sepeda yang ada di Kota Kediri. Yang dilakukan komunitas sepeda HCC di Kediri juga sudah bagus.

"Semoga bersepada ini bisa menjadi lifestyle baru di masyarakat, sehingga Kota Kediri menjadi ramah sepeda," kata Wali Kota.

Sementara itu, Ketua HCC Totok Setiawan mengaku pihaknya rutin mengadakan sepeda bersama. Setiap orang juga boleh ikut sepeda bersama, tanpa keanggotaan.

"Klub ini merupakan para pecinta roadbike tanpa keanggotaan. Silakan cyclist Kota Kediri maupun dari luar Kota Kediri bisa ikut gabung gowes bersama setiap Sabtu atau Minggu. Dan semoga kolaborasi yang telah terjalin dapat memberikan dampak positif," kata Totok.

Funride ini diikuti oleh ratusan pesepeda dari berbagai klub sepeda di eks-Kerisidenan Kediri. Terdapat pula Fantastic Cycling Club Pasuruan yang turut hadir. Kegiatan ini juga diikuti oleh cyclist dan konten kreator Donny Andika yang sering membagikan tentang sepeda di kanal jejaring sosial YouTube miliknya.

Dalam kegiatan ini seluruh pesepeda mengikuti rute yang telah dibuat terlebih dahulu, jaraknya lebih dari 45 kilometer. Start acara mulai dari halaman Balai Kota Kediri dan finish di Hutan Joyoboyo Kota Kediri. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020