DPP PDI Perjuangan menginstruksikan seluruh kadernya se-Indonesia saling membangun kerja sama horizontal sebagai salah satu upaya memperkokoh soliditas.

"Apa yang dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono dan Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama adalah contoh membangun kerja sama horizontal," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Jumat.

Ketiga kader partai kepala banteng moncong putih itu pada Kamis, (27/2) saling membantu, yaitu Ketua DPRD Bali mengirim bantuan 400 bibit bambu khas Bali, sedangkan Wali Kota Risma siap membantu permasalahan sampah di Bali.

"Keduanya bisa menjadi contoh untuk kader di daerah lain. Kerja sama horizontal harus dikembangkan dan menjadi model membangun soliditas serta solidaritas antarkader partai," ucapnya.

Menurut dia, kerja sama antarpimpinan dewan dan kepala daerah sesama dari PDIP maupun setingkat pimpinan pengurus harus terus digalakkan.

"Bisa saling belajar dari keberhasilan daerah lain, bertukar pikiran,  membangun optimistis dan terus berjuang mewujudkan target politik dengan memenangkan 60 persen Pilkada serentak tahun ini," katanya.

Politikus senior itu menyebut saat ini partainya terus berbenah, baik dalam sistem manajemen partai, pendidikan politik, kaderisasi kepemimpinan dan komunikasi politik.

"Partai juga terus merekrut anggota dari para pemuda, perempuan, tokoh, wiraswasta, budayawan hingga memerluas basis dukungan partai," tutur Hasto. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020