Ketua Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf, mengimbau perempuan-perempuan muda di Indonesia tidak ragu melakukan vaksinasi HPV atau Human Papiloma Virus sebagai tindakan pencegahan terhadap kanker serviks.

"Jangan takut untuk vaksinasi HPV, apalagi saat usia muda. Pencegahan kanker harus dimulai sejak dini," ujarnya di sela peringatan Hari Kanker Sedunia sekaligus tasyakuran setahun Fatma Foundation di Surabaya, Selasa.
 
Video Oleh Hanif Nashrullah

Tak hanya pada perempuan, vaksinasi HPV juga berlaku untuk laki-laki sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit kutil kelamin.

"Makanya, biasanya vaksinasi ini dilakukan sebelum menikah. Secara umum untuk melindungi diri dari penyakit infeksi menular seksual (IMS)," ucapnya.

Menurut dia, biaya yang dikeluarkan untuk vaksinasi memang tidak murah dan dianjurkan melakukannya sejak usia 9 tahun-13,5 tahun (dua kali suntik) dan usia 13,5 tahun hingga 45 tahun-55 tahun (tiga kali suntik). Sedangkan, untuk laki-laki dianjurkan usia 9-13,5 tahun (dua kali suntik), kemudian 13,5 tahun-26 tahun (tiga kali suntik).

Istri mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf tersebut juga berharap perempuan di Tanah Air tidak buta pengetahuannya tentang kanker serviks dan kanker payudara karena sangat berbahaya.

Sementara itu, Fatma Foundation merupakan yayasan kemanusiaan yang mengemban misi edukasi, penyuluhan, memberikan kemudahan akses fasilitas kesehatan dan sosial kepada masyarakat. Program prioritasnya berupa penyuluhan kesehatan, pemeriksaan dini kanker serviks (pap smear) dan kanker payudara (palpasi).

Sejak didirikan setahun lalu, Fatma Foundation telah berkeliling ke beberapa daerah di Jawa Timur dan tercatat sebanyak 1.084 perempuan mengikuti pap smear gratis.

Di tempat sama, pembina Fatma Foundation, Saifullah Yusuf mengatakan pendirian yayasannya dilatarbelakangi untuk ikut saling membantu dan bergandengan tangan mengurangi penyebaran penyakit kanker.

Saat ini, kata dia. bahaya kanker merupakan penyakit dengan risiko kematian tertinggi di Indonesia khususnya Jawa Timur setelah jantung dan stroke.

"Semoga ke depan Fatma Foundation terus bergerak dan bersama-sama masyarakat memerangi kanker serviks maupun kanker payudara," kata Wagub Jatim periode 2009-2019 tersebut.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020