DPD PDI Perjuangan Jawa Timur mengumpulkan budayawan dari berbagai daerah untuk mencari solusi permasalahan-permasalahan yang dihadapi pegiat seni maupun budaya setempat.

"Kami ingin mendengar apa saja masalah yang sekarang dialami para penggiat seni budaya. Tentu saja, kami akan mencarikan solusinya," Wakil Kepala Bidang Komunitas Seni Budaya DPD PDIP Jatim Ony Setiawan di sela pertemuan di kantor PDIP Jatim di Surabaya, Jumat.

Pertemuan dihadiri puluhan perwakilan dari pemangku kepentingan bidang kebudayaan dan dibuka Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan PDIP Jatim Eddy Paripurna.

Pertemuan ini, kata dia, juga sesuai amanah DPP agar jajaran partai di daerah mendengar aspirasi dari semua elemen masyarakat.

"Selanjutnya akan disusul pertemuan dengan elemen lain, misalnya elemen buruh, tani, usaha kecil menengah, pedagang, elemen pemuda, dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan PDIP Jatim Eddy Paripurna mengatakan pihaknya juga menghadirkan dinas terkait di Pemprov Jatim dengan harapan dapat mendengar langsung permasalahan yang dihadapi.

"Agar pemerintah daerah langsung mendengar masalah yang dihadapi masyarakat, atau mengetahui aspirasi mereka. Kami juga menghadirkan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim yang akan siap memperjuangkan aspirasi masyarakat," kata mantan Wabup Pasuruan tersebut.

Di sisi lain, komunitas seni budaya yang hadir pada pertemuan itu yakni perwakilan Ludruk Arboyo, Seniman Teater Maimura Surabaya, Seniman Perupa/Ekonomi Kreatif Sidoarjo, Perwakilan Mahasiswa, Paguyuban Pelestari Tosan Aji Tuban, Masyarakat Adat Tengger Probolinggo serta Komunitas Sejarah Surabaya.

Lalu Komunitas Bantengan, Komunitas Macapat Sidoarjo, Komunitas LIDI Mojokerto, Komunitas Musik Religi Jolotundo Mojokerto, Komunitas Keroncong Muda Surabaya, Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Jatim, Komunitas Pelestari Situs Raos Pacinan, Japanan, Perkumpulan Mbuyur Njati, Wiyung, dan Paguyuban Sawunggaling Joko Berek.

Hadir juga perwakilan dari Komunitas Tari Surabaya, Rumah Budaya Sangsakasta, Sanggar Suryo Budoyo, Sanggar Prajanara, Reog Turonggo Selendang Joyo, dan Sanggar Budaya Wikoe.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020