Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati mengungkapkan bahwa di Jawa Timur segera memiliki rumah tahanan perempuan baru yang diharapkan bisa mengurangi dampak kelebihan penghuni yang ada.

"Pada tahun 2019, alokasi APBN Prioritas juga digunakan untuk membangun gedung baru Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya. Anggaran Belanja Prioritas Nasional yang dikucurkan sebesar Rp26,6 miliar telah diselesaikan tepat waktu," katanya saat menghadiri acara peresmian Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Kediri di Kediri, Kamis.

Ia mengatakan, lokasi pembangunan rutan perempuan yang baru tersebut berada di lahan milik Lapas Kelas I Surabaya tepatnya di Porong, Sidoarjo, (sebelah selatan Lapas Porong) dengan luas tanah 17.600 meter persegi.

Keberadaan rutan khusus perempuan itu diharapkan bisa mengurangi dampak kelebihan kapasitas yang ada.

Pada bangunan yang baru nanti diharapkan bisa menampung hingga sekitar 200 WBP perempuan yang masuk dalam kelompok rentan. Dan kemungkinan masih bisa dikembangkan dengan pembangunan lanjutan sehingga mampu menampung kurang lebih 500 orang.

"Selama ini, berdasarkan data terakhir sebanyak 163 orang WBP harus menempati bangunan sempit yang idealnya dihuni oleh 45 orang saja," ucap Susy.

Selain melakukan pembangunan fisik satu bangunan rutan baru, Kemenkum juga membangun tiga kantor imigrasi baru serta melakukan perbaikan sarana layanan di beberapa UPT. Terdapat dua kantor imigrasi lain yang merenovasi ruang layanan.

Dua kanim yang melakukan renovasi ruang layanan adalah Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak dan Kanim Kelas II Non-TPI Blitar.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati menghadiri acara peresmian Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Kediri. Pembangunan Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI dilakukan di Desa/ Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Tanah untuk kantor tersebut dihibahkan Pemkab Kediri. Pemerintah telah menganggarkan dari DIPA sebesar Rp4,8 miliar.

Acara tersebut juga dihadiri Irjen Kemenkumham Jhoni Ginting. Ia meresmikan tiga gedung baru yakni Kanim Kediri, Ponorogo dan Pamekasan. Peresmian tersebut diselenggarakan bersamaan di gedung baru Kanim Kediri, Kabupaten Kediri.

Selain dihadiri Irjen Kemenkumham, kegiatan tersebut juga dihadiri Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie. Hadir juga para pimpinan tinggi pratama dan madya Kemenkumham di pusat dan wilayah serta forkopimda setempat.

Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Kediri dan Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Ponorogo merupakan proyek prioritas nasional TA 2019. Sedangkan renovasi secara signifikan juga dilakukan pada gedung Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Pamekasan.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020