Bakal calon wali kota Surabaya Machfud Arifin merinding melihat atmosfer dukungan yang diberikan bonek-bonita untuk Persebaya pada laga uji coba melawan Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (11/01) malam.

“Kreativitas dan nyanyian yang diberikan bonek sangat luar biasa,” ujarnya kepada wartawan, Minggu.

Mantan Kapolda Jatim tersebut juga terkesan dengan militansi suporter yang memenuhi stadion berkapasitas 50 ribu penonton itu.

Ia juga sangat merindukan atmosfer dukungan bonek-bonita yang mengingatkannya saat masih kecil dan menjadi salah seorang yang hampir tak ketinggalan menyaksikan Persebaya bermain di Stadion Gelora 10 November Tambak Sari.

Saat ini, kata dia, pengelolaan terhadap bonek sangat bagus dan sudah secara perlahan menghilangkan stigma negatif dari masyarakat.

“Cara bonek dan bonita memberikan dukungan, ditambah kreativitas mereka membuat citra positif. Ini yang seharusnya dipertahankan dan layak diapresiasi,” ucap purnawirawan jenderal polisi dua bintang tersebut.

Sementara itu, di laga bertajuk “Forever Game” tersebut skor akhir skor akhir 4-0 untuk Persebaya dan gol masing-masing dicetak Hansamu Yama menit ke-29, Patrich Wanggai menit ke-72, Alwi Slamat menit ke-75, Osvaldo Haay menit ke-82.

Sebelum pertandingan, budayawan Emha Ainun Nadjib mengajak bonek untuk berselawat sekaligus berucap syukur karena pada Liga 1 musim 2019, “Bajul Ijo” sukses menempati posisi runner up dan berhak mewakili Indonesia di kancah “ASEAN Club Championship”.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020