Sebanyak 449 personel disiagakan Polres Pamekasan, Jawa Timur untuk mengamankan malam tahun baru atau malam pergantian tahun dari 2019 ke 2020.

"Ke-449 personel ini merupakan gabungan dari berbagai satuan, dari unsur Polri dan TNI serta instansi samping dari Pemkab Pamekasan," kata Wakapolres Pamekasan Kompol Kurniawan Wulandono saat memimpin apel gelar pasukan di area Arek Lancor Pamekasan, Selasa malam.

Wakapolres meminta, agar pengamanan pergantian tahun baru 2020 ini ditekankan pada sisi kemanusiaan, tapi tidak menghilangkan ketegasan petugas dalam menindak pelanggaran.

"Laporkan setiap perkembangan situasi di lapangan secara berjenjang," katanya.

Ia juga meminta agar pengamanan pergantian malam tahun baru kali ini diniatkan untuk ibadah, yakni membantu mengamankan kegiatan masyarakat yang hendak merayakan pergantian malam tahun baru.

"Setelah apel gelar pasukan ini, para personel secepatnya bergerak ke masing-masing lokasi yang telah ditetapkan," kata Wakapolres.

Sementara itu, total jumlah personel yang disiagakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 sebanyak 561 personel.

Perinciannya terdiri dari personel Polres Pamekasan sebanyak 250 orang, Brimob Subden 3 Den A 50 orang, Kodim 0826 Pamekasan sebanyak 100 orang, Pon TNI sebanyak 9 orang, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan sebanyak 30 orang.

Selanjutnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) sebanyak 30 orang, Senkom Mitra Polri sebanyak 15 orang, Pramuka sebanyak 15 orang, dan petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Pamekasan sebanyak 6 orang.

Selain itu, personel lainnya yang juga bergabung untuk pengamanan Perayaan Natal dan Pergantian Malam Tahun Baru 2020 ini dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) sebanyak 6 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan sebanyak 6 orang, PLN 6 orang, dan dari Jasa Raharja sebanyak 6 orang.

Selain itu ada lagi unsur Senkom 6 orang, PMI sebanyak 6 orang, Orari 6 orang, Rapi 6 orang, dari radio sebanyak 2 orang.

"Khusus malam ini yang kami kerahkan sebanyak 449 personel dari jumlah total personel sebanyak 561 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru," katanya, menjelaskan.

Pengamanan perayaan Natal dan pergantian tahun ini akan berlangsung mulai 23 Desember 2019  hingga 1 Januari 2020.

Fokus pengamanan adalah sejumlah objek yang ada di Kabupaten Pamekasan, seperti tempat ibadah umat Kristiani yang  merayakan Misa Natal, pusat perbelanjaan dan objek wisata yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019