Korem 082/CPYJ bersama Kodim 0809 Kediri mengajak masyarakat Kediri, Jawa Timur, untuk donor darah guna membantu sesama yang membutuhkan.

"Mengingat setetes darah yang kita sumbangkan ini kan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang. Disisi lain, donor darah juga bagus untuk menjaga kesehatan para pendonor," kata  Danrem 082/CPYJ Kolonel Arm Ruly Chandrayadi di Kediri, Jumat.

Pihaknya dengan Kodim 0809 Kediri sengaja menggelar donor darah. Acara ini untuk memperingati HUT TNI AD dan HUT ke-71 Kodam V/Brawijaya pada 2019 ini.

Ratusan prajurit bersama sejumlah elemen masyarakat turut dalam bakti sosial yang digelar di pusat perbelanjaan Kediri Town Square Kota Kediri. Hadir juga dari jajaran kepolisian dalam bakti sosial donor darah tersebut. 

Danrem mengatakan, kegiatan itu sengaja digelar di pusat keramaian dengan harapan masyarakat ikut serta melakukan kebaikan dengan donor darah yang bisa dimanfaatkan untuk mereka yang membutuhkan.

“Kenapa di Ketos ini, karena kami melihat ini kan tempat berkumpulnya masyarakat. Jadi kami mengerahkan dan memerintahkan staf, bagaimana kalau 70 persennya dari masyarakat dan 30 persennya TNI/Polri,” kata Kolonel Arm Ruly Chandrayadi.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini mampu terkumpul 700 kantong darah. Dirinya pun juga ikut donor darah.

Dalam aksi tersebut, calon pendonor terlebih dahulu melakukan pengecekan tekanan darah dan HB darah oleh petugas medis dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Kediri. 

Setelah dinyatakan lolos, warga yang hendak donor darah dipersilakan. Namun yang tidak lolos juga tidak diizinkan untuk donor darah.

Animo masyarakat ternyata juga sangat baik. Banyak dari mereka yang ikut serta donor darah. Selain untuk menolong sesama, dengan donor darah mereka juga merasa lebih sehat. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019