Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengapresiasi kinerja yang dilakukan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) untuk menjaga keamanan laut di wilayah setempat saat puncak peringatan HUT ke-69 direktorat itu di Mapolda setempat, Rabu.

"Hari ini Polairud memasuki 69 tahun. Semoga makin berkiprah dalam menindak kejahatan dan menjaga keamanan wilayah perairan di Jawa Timur," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Ia menjelaskan, seperti kasus pencurian ikan di laut, perdagangan manusia, penyelundupan, dan berbagai kejahatan lainnya banyak dilakukan melalui jalur laut. Untuk itu, peran Polairud sangat dibutuhkan dalam menjaga keamanan laut.

Irjen Luki juga mengapresiasi kinerja Polairud yang berhasil mendukung agenda nasional, baik pemilu legislatif maupun pilpres. 

"Dalam pelaksanaannya, jajaran Polairud juga ikut membantu distribusi logistik pemilu ke wilayah kepulauan yang hanya dapat dijangkau menggunakan kapal kecil," katanya.

Selain itu, Polairud juga ikut serta dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan serta mendukung berbagai operasi gabungan bersama TNI. Atas banyaknya prestasi itu, Kapolda mengucapkan selamat HUT ke-69 kepada 7.795 personel Polairud di manapun bertugas.

"Semoga Polairud semakin profesional, modern dan menjadi kebanggaan masyarakat bangsa dan negara," tuturnya.

Sejak berdiri tahun 1950, Polairud telah menunjukkan eksistensi dalam mengemban tugas pokok Polri, khususnya di perairan wilayah NKRI.

Berbagai prestasi yang dicapai baik, kata Luki, dalam penindakan hukum, pemeliharaan kamtibmas, memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat telah membanggakan Polri.

Pada kesempatan itu, Direktur Polairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi mengatakan, sebelum acara puncak telah melaksanakan banyak kegiatan di beberapa daerah pesisir pantai dalam bentuk bakti sosial dan memberi penyuluhan kepada masyarakat nelayan.

"Ditpolairud Polda Jatim akan melaksanakan program SDM unggul Indonesia maju dengan aktifkan anggota untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuan," tuturnya. 

Puncak acara HUT Polairud juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada anggota Ditpolairud yang berprestasi dalam bertugas.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019