PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berupaya meningkatkan kunjungan cruise ship atau kapal pesiar di sejumlah pelabuhan wilayah kerjanya pada tahun 2020. 

Pelindo III saat ini telah memiliki enam pelabuhan yang bisa dilalui dan digunakan bersandar oleh kapal pesiar, masing-masing pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, Benoa dan Celukan Bawang Bali, serta Lembar dan Gili Mas Nusa Tenggara Barat. 

"Dengan hadirnya pelabuhan berstandar kapal cruise ini diharapkan bisa mendongkrak potensi wisata wilayah di sekitar pelabuhan tersebut," ujar Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Baca juga: Pelabuhan Gili Mas siap menerima kunjungan kapal pesiar

Baca juga: Pelabuhan Gili Mas mulai disandari kapal pesiar 300 meter 

Hingga akhir November 2019, tercatat 124 unit kapal pesiar sandar di sejumlah pelabuhan wilayah kerja PT Pelindo III. Sementara untuk tahun 2020, Pelindo III telah menerima 79 booking kunjungan dari sejumlah perusahaan kapal pesiar yang akan membawa wisatawan asing. 
 
"Kami terus menambah kapasitas dermaga dan fasilitas pendukung lainnya sehingga kapal cruise bisa sandar di dermaga. Kalau tidak bisa sandar, jumlah turis yang turun dari kapal pesiar akan terbatas karena harus ditransfer lagi ke kapal kecil untuk bisa sampai ke daratan," katanya.

Baca juga: Pelindo III Siap Sambut Kedatangan 153 Kapal Pesiar 

Karenanya PT Pelindo III terus mengupayakan agar kapal pesiar bisa sandar di berbagai pelabuhan wilayah kerjanya agar seluruh wisatawan bisa turun, yang dinilai sangat baik untuk perkembangan ekonomi wisata di Tanah Air.

Direktur Kepelabuhanan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan Subagiyo mengapresiasi kesiapan Pelindo III sebagai salah satu operator pelabuhan di Indonesia yang telah sigap menyiapkan infrastruktur pelabuhan yang memadai guna menyambut kedatangan wisatawan asing melalui jalur laut dengan menggunakan kapal pesiar. 

"Sektor pariwisata saat ini terus dipacu oleh pemerintah agar bisa memperoleh pendapatan negara melebihi sektor migas. Presiden Joko Widodo menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan. Ini adalah tugas kita bersama yang berada di sektor transportasi untuk mendukung rencana tersebut," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019