PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempercantik Kereta Api (KA) Gaya Baru Malam Selatan yang tergolong kelas ekonomi dengan merenovasi serta memodifikasi gerbong-gerbongnya menjadi rasa eksekutif. 

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, renovasi dan modifikasi dilakukan terhadap 12 gerbong KA Gaya Baru Malam Selatan dalam dua tahap yang berlangsung di Balai Yasa Kereta Surabaya Gubeng. 

"Pengerjaan tahap pertama terhadap enam gerbong KA Gaya Baru Malam Selatan telah selesai dilakukan dari tanggal 1 hingga 30 November. Tahap kedua akan mulai dilaksanakan pada tanggal 11 Desember mendatang," kata Edi Sukmoro kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Ia menjelaskan, keunggulan dari gerbong kereta ekonomi hasil modifikasi ini adalah fasilitas pelayanannya yang menyerupai gerbong kereta eksekutif.

Perubahan fasilitas meliputi jumlah tempat duduk dari 106 kursi per gerbong kereta menjadi 80 kursi, formasi tempat duduk dari 2 - 3 menjadi 2 - 2, pendingin berbentuk split diubah menjadi AC package. 

Selain itu, rak bagasi biasa dimodifikasi menjadi rak bagasi serupa dengan gerbong kereta eksekutif, interior toilet yang sebelumnya standar gerbong ekonomi dirombak menjadi toilet standar gerbong kereta eksekutif.

Selain itu, dinding kereta yang sebelumnya berbahan Acrylonitrile Butadiene Styrene diganti mengunakan bahan Alumunium Composit Panel, yang lebih mudah dibersihkan dan mengkilat.

"PT KAI selalu berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Kami berharap transportasi kereta api bisa menjadi angkutan moda andalan bagi masyarakat, dengan mobilisasi yang lancar dan aman, serta roda perekonomian bisa tumbuh dinamis," ucap Edi Sukmoro.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019