PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Madiun, Jawa Timur, menyatakan stok BBM di Madiun dan sekitarnya aman guna menghadapi kebutuhan masyarakat selama momentum Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operation Head Depo Pertamina Madiun, Imran Jamil, mengatakan saat ini stok di Depo Madiun penuh 100 persen sesuai kapasitas tangki di TBBM Madiun.

"Stok kami "full" kapasitas. Ketahanan stok BBM yang ada mencapai empat hari sesuai kapasitas timbunan dan terus ditambah. Jadi stok aman," ujar Imran Jamil di Madiun, Jumat.

Baca juga: Ada kelangkaan, Pertamina sebut pasokan solar subsidi kembali normal

Menurut dia, untuk mengantisipasi tingginya permintaan BBM pada momentum liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020, pihaknya telah menambah jumlah pasokan.

"Untuk permintaan sudah kami antisipasi dengan melakukan penambahan stok di SPBU yang berpotensi ada lonjakan kebutuhan BBM. Di antaranya di SPBU di tempat-tempat jalur wisata dan tempat religius," kata dia.

Baca juga: Stok solar dijamin aman, Khofifah harapkan masyarakat kembali tenang

Pertamina Madiun juga akan menyediakan SPBU kantong atau mobil kantong di jalur tol Ngawi-Kertosono selama momen natal dan tahun baru berlangsung.

Setiap hari, permintaan BBM di wilayah kerjanya mencapai sekitar 1.000 KL atau 1 juta liter. Adapun, konsumsi BBM terbanyak berada pada jenis premium, pertalite, dan pertamax.

"Untuk jenis premium, pertalite, dan pertamax sekitar 600 KL. Sedangkan bio solar mencapai 800 KL per hari," katanya.

Dengan berbagai persiapan tersebut, masyarakat diimbau tidak perlu cemas, sebab secara umum stok dan pasokan BBM di wilayah Madiun dan sektarnya sangatlah cukup.

"Adapun stok saat ini tercatat hampir 4 juta liter, baik untuk premium maupun pertamax. Dan itu akan terus ditambah," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019