Kesenian tari Landhung Situbondo menjadi suguhan tarian pembuka dalam gelaran parade seni budaya Jatim Specta Night Carnival Ke-6 tahun 2019 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu malam.

Atraksi tari Landhung khas Situbondo ini, berhasil memukau penonton maupun bupati dan wakil bupati, wali kota serta pejabat dari kabupaten/kota se-Jawa Timur,  yang juga memberikan sambutan meriah di awal pembukaan gelaran seni budaya yang digelar setiap tahun oleh Pemprov Jatim.

Berbagai seni dan budaya dari 30 kabupaten/kota di Jawa Timur, ditampilkan dalam parade seni budaya Jatim Specta Night Carnival 2019.
 

Video Oleh Novi Husdinariyanto

Gelaran seni budaya  ini diikuti sekitar 1.500 peserta, dan setiap seni dan budaya masing-masing memiliki tema menumbuhkan kepariwisataan dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisata di Jawa Timur.

Sebagai tamu kehormatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menampilkan tarian kontemporer  legenda Roro Jongrang. Tarian ini menggambarkan sebuah legenda kisah cinta antara Bandung Bondowoso dengan Roro Jongrang yang berujung dengan terciptanya seribu arca/candi, yakni candi Roro Jongrang atau lebih dikenal dengan candi Prambanan.

Masing-masing daerah menampilkan seni budaya andalannya, Kabupaten Situbondo sebagai tuan rumah Jatim Specta Night Carnival 2019, menampilkan budaya yang masih dilestarikan, yakni Komantan Korong.

Jatim Specta Night Carnival 2019 di Kabupaten Situbondo, dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak serta ratusan pejabat se-Jawa Timur (bupati dan wakil bupati, wali kota se-Jatim). (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019