Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada tahun ini (2019) menjadi tuan rumah gelaran parade seni-budaya Jatim Specta Night Carnival 2019 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), sekaligus Hari Kesatuan Gerak PKK yang dgelar 19 Oktober 2019.

"Situbondo menjadi tuan rumah dua event sekaligus dan terpilihnya menjadi tuan rumah memang giliran, selain itu juga atas keinginan pemkab," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Syaifullah kepada wartawan di Situbondo, Rabu.

Gelaran parade seni budaya Jatim Specta Night Carnival merupakan agenda yang digelar setiap tahun oleh Pemprov Jatim dan pelaksanaannya bergantian di kabupaten/kota.

Di Situbondo, Jatim Specta Night Carnival  akan dipusatkan di Alun Alun Situbondo dan akan menampilkan puluhan seni dan budaya.

Sementara rute parade seni budaya ini dimulai pukul 19.00 WIB dan peserta akan berjalan mulai dari depan Kantor Pos di Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Pemuda  depan Taman Makam Pahlawan (TMP).

"Yang hadir ada 525 pejabat atau yang mewakili dari 30 kabupaten/kota di Jawa Timur, ditambah dari Yogyakarta dan Kalimantan Timur," ujar Syaifullah.

Atraksi seni dan budaya asli Situbondo, katanya, akan ditampilkan di hadapan ratusan pejabat termasuk Gubernur Jatim dan Ketua Tim Penggerak PKK Jatim.

"Gubernur Jatim beserta Ketua Tim Penggerak PKK Pemprov Jatim akan berjalan kaki bersama peserta dalam parade seni budaya," tuturnya.

Seni dan budaya Situbondo yang akan ditampilkan, di antaranya Tari Landhung, pakaian adat kreasi Situbondo, budaya masyarakat yang masih dilestarikan, serta puluhan seni budaya lainnya.

Sementara acara Bulan Bakti dan Gotong Royong Masyarakat, lanjut Syaifullah, akan digelar di hari yang sama sebelum parade seni-budaya, dan BBGRM digelar di objek wisata Kampung Kerapu, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

Destinasi wisata baru Kampung Kerapu Situbondo ini diproyeksikan menjadi salah satu destinasi penyangga menuju Kawah Ijen.

"Kami targetkan wisata Kampung Kerapu bisa menjadi destinasi wisata favorit di Jatim. Sekaligus, ini bagian dari penyangga lingkar Ijen, sesuai dengan prioritas Nawa Bhakti Satya Pemprov Jatim," kata Sekda Syaifullah.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019