Kepolisian Derah Jawa Timur menggelar operasi katarak dan bibir sumbing gratis melalui kegiatan "Bhakti Sosial Kesehatan" untuk mendukung program Jatim Bebas Katarak 2023 yang dicanangkan provinsi itu.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di sela pembukaan Bhakti Sosial Kesehatan di Mapolda setempat, Selasa, mengatakan pihaknya menggandeng seluruh pihak untuk bersama berkomitmen membantu masyarakat tetap sehat.

"Polda Jatim bersama dari seluruh Mitra kesehatan dari Biddokkes dari TNI dari Pemprov, dari mahasiswa fakultas kedokteran kami libatkan dalam bakti sosial dalam rangka Polda Jatim, ini banyak sekali yang kita berikan pelayanan kesehatan dalam waktu satu hari," kata Luki.

Tak hanya menyediakan fasilitas operasi katarak secara gratis, Luki menyebut pihaknya menyediakan berbagai vitamin untuk kekebalan daya tahan tubuh anak-anak hingga operasi bibir sumbing, untuk anak hingga lansia.

Selain itu, di sini juga dilakukan khitan massal, pemeriksaan kesehatan umum hingga pemeriksaan kesehatan gigi anak-anak sekolah dasar. Ada pula fasilitas untuk mendonorkan darah bagi masyarakat lain yang membutuhkan.

"Sehingga masalah kesehatan kami prioritaskan dari anak-anak bayi sampai dengan lansia. Kita mengobati penyakit-penyakit, baik itu pemberian vitamin. Bakti sosial juga dalam operasi bibir sumbing, katarak juga ada. Bahkan pemeriksaan lainnya juga," ujarnya.

Luki menyebut hal ini juga sebagai langkah mengenalkan sosok polisi ke masyarakat yang tak hanya bertugas di bidang lalu lintas. Namun, ada juga bidang kedokteran dan kesehatan yang membantu masyarakat.

"Ini dalam rangka memberikan trust, kepercayaan pada Polri, salah satunya bidang kesehatan, ini penting," ujarnya.

Luki menyebut ada ribuan orang yang turut serta di kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan Polda Jatim. Dia berharap kegiatan ini bisa membantu mewujudkan Jatim Bebas Katarak di tahun 2023.

"Ada ribuan masyarakat. Mudah-mudahan ini sangat bermanfaat dan membantu dari program yang dicanangkan Bu Khofifah," kata dia. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019