Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, meraih penghargaan kelurahan tangguh bencana tipe madya dalam Destana Award yang diberikan bersamaan peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Provinsi Jawa Timur di Surabaya.

"Tadi diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim saat upacara di Grahadi. Pak Sekda Budwi Sunu mewakili dan Kediri ini masuk empat besar," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno di Kediri, Sabtu.

Ia senang dengan penghargaan tersebut. Sebelumnya, tim telah menyiapkan sejumlah berkas untuk ikut serta dalam Destana Award 2019, seperti dokumen penanggulangan bencana, rencana aksi, dan dokumen peringatan dini.

"Kemarin kami lolos seleksi administrasi dan ditinjau lapangan. Hasilnya, di Kelurahan Ketami layak empat besar di Jatim," kata dia. 

BPBD Jatim berkunjung ke Kediri dalam agenda kunjungan lapangan kelurahan tangguh bencana di Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, pertengahan September 2019. Dalam kunjungan itu, BPBD Kota Kediri juga melakukan simulasi penanganan bencana kebakaran lahan pertanian.

Simulasi itu juga bagian dari penilaian dalam kunjungan lapang kelurahan tangguh bencana tersebut. Kediri termasuk satu dari 12 kota/kabupaten yang mendapatkan penilaian bagus dari BPBD Provinsi Jatim untuk kelurahan tangguh bencana.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019