Wali Kota Madiun Maidi ingin agar Pancasila dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani hidup sehari-sehari dan bermasyarakat

"Pancasila bukan hanya kata-kata, namun harus kita maknai dan harus kita jaga. Paham-paham yang tidak sesuai dengan negara seperti narkoba, radikalisme, harus kita berantas dengan pedoman Pancasila," katanya saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Selasa di halaman Balai Kota Madiun.

Ia berharap tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila, "Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia", bisa terwujud dalam kehidupan warga sehari-hari.

Nilai-nilai dalam Pancasila, ia melanjutkan, mestinya dihayati oleh seluruh generasi dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman mengenai nilai-nilai dalam Pancasila, menurut dia, pemerintah memasukkannya dalam pelajaran sekolah sejak pendidikan anak usia dini.

"Pemkot selalu berupaya untuk membentuk karakter bangsa sesuai Pancasila sejak dini, baik di lingkungannya sendiri, masyarakat, atau di lingkungan sekolah," kata dia.

"Momentum Kesaktian Pancasila kali ini harus diisi dengan hal-hal positif. Pondasi Pancasila ini penting, baru setelah itu diisi ilmu-ilmu yang lain. Di Kota Madiun Insya Allah sudah kita lakukan mulai pendidikan dini hingga dasar," ia menambahkan.

Ia menambahkan Hari Kesaktian Pancasila tak hanya menjadi pengingat bagi masyarakat untuk mengenang jasa para pendahulunya, namun juga momentum untuk memacu semangat meneruskan perjuangan demi kehidupan bangsa yang lebih baik.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019