Sebanyak 170 peserta dari dalam dan luar negeri siap berkompetisi pads ajang Savana Duathlon yang akan diselenggarakan di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu (15/9).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jumat, mengatakan Savana Duathlon yang merupakan kompetisi memadukan olahraga lari dan bersepeda ini pertama kali digelar di Banyuwangi, melengkapi sederet event sport tourism yang telah digelar setiap tahunnya.

"Banyuwangi rutin menggelar event olahraga dalam agenda Banyuwangi Festival, baik lari maupun bersepeda. Kali ini kami hadirkan yang menggabungkan keduanya untuk memberikan pengalaman baru bagi wisatawan pecinta olahraga duathlon," kata Bupati Anas.

Kompetisi memadukan olahraga lari dan bersepeda ini mendapatkan animo yang baik dari para pecinta olahraga. Hingga dua hari jelang pelaksanaan, peserta yang mendaftar sudah mencapai 170 orang.

Sebagian peserta dari luar negeri seperti Austria, Belanda, Amerika Serikat, dan Prancis, sedangkan peserta nasional berasal dari Lampung, Jakarta, Surabaya, Malang, Probolinggo, Jember, Lumajang, dan Bali.

"Lewat duathlon ini, kami berharap akan semakin memperbesar jangkauan wisatawan khusus tersebut," kata Anas.

Lokasi pelaksanaan Savana Duathlon dilaksanakan di Taman Nasional Alas Purwo, yang telah berstatus sebagai Geopark Nasional dan Cagar Biosfer Dunia.

"Peserta bakal menikmati sensasi kompetisi lari dan bersepeda dengan rute yang eksotis sambil menghirup oksigen yang terbersih di dunia. Peserta nantinya diajak melintasi jalan-jalan yang melintasi pegunungan jati, hutan tropis yang penuh dengan flora fauna yang sangat indah," paparnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Olahraga Pemkab Banyuwangi Wawan Yadmadi, sebanyak 170 peserta kompetisi olahraga lari dan bersepeda ini sebagian besar berisi atlet triathlon.

Para peserta terbagi dalam empat kategori yang dilombakan, yakni kategori A untuk usia 18-39 tahun, kategori B (40-49 tahun), kategori C (50 tahun ke atas), dan kategori woman open.

Kompetisi ini akan mengambil start dan finis Taman Nasional Alas Purwo, pada etape pertama peserta akan mengawali perlombaan dengan berlari sejauh 6,4 km. Start dari Pantai Pancur menuju Triangulasi sejauh 3,2 km dan kembali lagi ke Pancur 3,2 km.

Selanjutnya peserta akan melanjutkan dengan kompetisi bersepeda sejauh 27 km, dan start dari Pantai Pancur menuju Rowobendo, pintu menuju Taman Nasional Alas Purwo sejauh 13,5 km dan kembali lagi ke Pantai Pancur.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019