Sejumlah kendaraan tempur milik Korps Marinir TNI AL turut serta dalam Parade Alutsista TNI di Situbondo, Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-201 Kabupaten Situbondo.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto kepada wartawan di Situbondo, Jumat, menyampaikan terima kasih karena TNI telah memberi kesempatan kepada masyarakat Situbondo untuk menyaksikan langsung alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

"Terima kasih kepada TNI, alutsista TNI yang diizinkan untuk dipamerkan di Situbondo. Masyarakat bisa dengan leluasa melihat secara langsung kendaraan tempur seperti tank di Alun-Alun Situbondo," kata Bupati Dadang.

Menurut ia, masyarakat Situbondo sudah selayaknya bisa leluasa melihat langsung kendaraan tempur tank. Apalagi tempat latihan tempur terbaik milik Indonesia ada di Puslatpur Marinir 5 Baluran Situbondo.

"Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan dan kami berencana mengusulkan kerja sama dengan TNI agar ada wisata perang di Situbondo," ujarnya.

Sementara itu, Mayor Marinir Widarta Kusuma Tr. Opsla mengatakan keikutsertaan Korps Marinir TNI AL dalam Parade Alutsista TNI di Situbondo bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai peralatan dan kesenjataan yang dimiliki Korps Marinir TNI AL.

Dengan harapan dapat mempererat kerja sama antara TNI, khususnya Korps Marinir TNI AL dengan masyarakat.

"Dengan adanya pameran alutsista ini diharapkan masyarakat Situbondo mengetahui dan semakin bangga dengan kekuatan pertahanan yang dimiliki TNI," ucapnya.

Data diperoleh, kendaraan tempur Korps Marinir turut memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo, yakni satu unit BMP 3F, satu unit BTR 50P, satu unit LVT-7, satu unit RM 70 Grad, dan satu unit Meriam How 105 MM.

Selain itu, juga ada dua unit tank Leopard, satu unit meriam Caesar, satu unit Astros, satu unit Meteorologi, satu unit MCP, dan satu Water Canon.

Dalam parade alutsista TNI di Situbondo, Bupati Dadang Wigiarto beserta Forkopimda lainnya juga menaiki tank BMP 3F mulai dari Jalan Basuki Rahmat, Jalan A Yani, dan finis di Alun-Alun Situbondo. Bahkan dalam parade ini, puluhan masyarakat juga ikut menaiki seluruh kendaraan tempur.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019