PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar rangkaian kegiatan dengan tajuk "KAI Peduli Ekosistem Laut" di Banyuwangi, Jawa Timur, pada 5 hingga 6 September 2019, sebagai wujud nyata kepedulian salah satu badan usaha  milik negara tersebut terhadap penyu dan ekosistem laut

Informasi yang dihimpun ANTARA di Banyuwangi, Kamis, menjelaskan,  kegiatan kepedulian terhadap penyu dan ekosistem laut digelar di Banyuwangi, karena kabupaten ujung timur Pulau Jawa, itu dikenal sebagai surga bagi penyu, dan memiliki garis pantai sepanjang 175 kilometer  serta tempat yang cocok bagi upaya konservasi dan penyelamatan penyu.

Vice President Corporate Social Responsibility PT KAI, Agus Supriyono mengemukakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap upaya penyelamatan penyu dan ekosistem laut.

Sementara itu,  kegiatan "KAI Peduli Ekosistem Laut"  di antaranya sosialisasi penyelamatan penyu kepada 100 siswa-siswi di SDN 1 Bulusan dan SDN 1 Ketapang, bekerja sama dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF), serta pelepasan 100 ekor tukik di Pantai Waru Doyong Penanaman Pandan Laut di Pantai Bilik.

"Sosialisasi dilakukan kepada para siswa SD untuk menanamkan kesadaran sejak dini di kalangan pelajar sekolah agar memahami pentingnya upaya penyelamatan penyu dan ekosistem laut," ujar Agus Supriyono.

Dengan kegiatan ini, katanya, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian serta tanggung jawab pada alam agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

Turut hadir pada kegiatan ini Asisten Deputi serta Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan pada Kementerian BUMN.

Dalam dua dekade terakhir, populasi penyu semakin memprihatinkan dan bahkan terancam punah, selain karena faktor alam, kondisi ini juga diperparah akibat ketidaksadaran akan pentingnya menjaga kelestarian penyu serta kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik ke laut. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019