Kementerian Perindustrian mendorong pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) melek teknologi agar produk-produknya lebih diterima pasar, salah satunya dengan membentuk Forum Tech Link, yang berlangsung di Surabaya, Rabu. 

Direktur IKM Logam Mesin Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Endang Suwartini mengatakan kegiatan Forum Tech Link di Surabaya adalah yang kedua, setelah sebelumnya digelar di Bandung pada 31 Agustus lalu.

"Forum yang sama akan dilanjutkan di Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Tangerang, dan Bekasi hingga 18 September 2019," katanya kepada wartawan.

Dia menjelaskan Forum Tech Link mempertemukan antara pelaku IKM dengan para ahli teknologi.  

"Kami ingin melalui forum ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesiapan bagi pelaku IKM untuk melakukan transformasi digital. Era sekarang ini harus menguatkan keberadaan startup sebagai 'technology provider' bagi IKM," ujarnya.

Endang menandaskan, melalui Forum Tech Link, pelaku startup (bisnis rintisan) didorong dapat menghasilkan teknologi digital yang aplikatif dan solutif bagi IKM.

"Kami sedang mengembangkan program startup untuk industri, yang diharapkan ke depan dapat menjadi sebuah gerakan transformasi digital, utamanya bagi IKM dengan solusi teknologi yang disediakan," ucapnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung gerakan ini. Dia menyebut pelaku IKM di Jawa Timur yang berjumlah sekitar 22 ribuan perlu sentuhan teknologi digital.

"Keberadaan startup menjadi hal penting dalam akselerasi transformasi digital IKM. Saya yakin pelaku IKM banyak yang ingin punya laman sendiri untuk dapat memasarkan produknya lebih masihf tapi tidak tahu caranya," ujarnya 

Untuk itu, suami artis Arumi Bachsin ini mendorong agar semua pelaku IKM harus diberdayakan dan diajak bekerja bersama pelaku startup

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019