Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menggunakan skema contraflow untuk mengatur lalu lintas yang ada di Jalan Raya Candi, Sidoarjo menyusul adanya perbaikan di sebagian jalan tersebut.

Kasi Pengendalian dan Operasi (Dalops) Dishub Sidoarjo Arie Prabowo, di Sidoarjo, Senin mengatakan, pengalihan arus dengan menggunakan skema contraflow itu perlu dilakukan untuk menghindari kemacetan.

"Dari arah Porong ke Sidoarjo dua lajur. Dimana satu lajurnya itu sedang dilakukan penguatan dengan cara dicor," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengatur lalu lintas terpaksa arah dari Surabaya ke Porong dilakukan contraflow di mana dari tiga lajur yang ada, satu lajur digunakan untuk arah Porong ke Surabaya.

"Pelaksanaan rekayasa lalu lintas dilakukan sampai dengan jalan yang diperbaiki selesai dicor," katanya.

Selain memasang rambu-rambu lalu lintas, kata dia, pihaknya juga menyiagakan beberapa orang petugas untuk berjaga di lokasi supaya arus menjadi lebih lancar.

"Untuk yang di depan kantor Dinas Perhubungan kami menyiagakan sebanyak empat orang petugas setiap harinya," katanya.

Ia mengatakan, selain skema contraflow, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Polsek Candi supaya membantu mengarahkan lalu lintas yang ada.

"Ada dua orang yang berjaga di putar balik Pabrik Gula Candi baik itu pagi dan juga sore hari," katanya.

Perbaikan jalan itu sendiri sudah berlangsung sejak beberapa pekan terakhir, dengan panjang jalan yang dilakukan pengecoran sekitar 500 meter.

Pengecoran itu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi kerusakan yang kerap terjadi di wilayah itu. Hak itu dikatakan akibat banyaknya kendaraan berat yang kerap melewati jalan tersebut. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019