Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan santunan untuk para veteran sebagai bentuk perhatian oleh pemerintah kepada mereka yang sudah berjasa pada negara.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan semua bisa menikmati kemerdekaan karena hasil perjuangan dari para veteran. Untuk itu, dirinya meminta agar generasi muda meneruskan perjuangan untuk memajukan Bangsa Indonesia dan Kota Kediri pada khususnya.

"Saya ucapkan terima kasih atas perjuangan (veteran) semua. Saya tidak bisa membalas dengan apa-apa. Namun ini ada sedikit yang bisa membantu," katanya saat memberikan santunan itu di Markas Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Kediri, Jawa Timur, Sabtu.

Mas Abu, sapaan akrabnya mengatakan bahwa LVRI selama ini turut membantu pemerintah dalam membangun Kota Kediri.

"Alhamdulillah saat ini perkembangan di Kota Kediri sangat baik. Sumber daya manusianya juga bagus-bagus dan mudah-mudahan generasi penerus kita jauh lebih baik dari kita semua. Yang paling penting bisa meneruskan perjuangan (para veteran) semua. Begitu pula dengan saya dan kawan-kawan di pemda serta pemuda-pemuda yang ada di Kota Kediri," kata dia.

Wali Kota juga ikut mendoakan agar para veteran diberikan kesehatan agar bisa terus melihat perkembangan yang terjadi di Kota Kediri.

"Saya doakan bapak veteran sehat terus. Tentunya pertemuan ini dapat membawa semangat baru bagi kita semua," kata dia.

Sementara itu, Ketua LVRI Cabang Kediri Lasijo mengapresiasi kepedulian Wali Kota Kediri terhadap para veteran.

"Terima kasih kepada Bapak Wali Kota Kediri yang telah hadir di LVRI Cabang Kediri. Di tengah kesibukannya Bapak Wali Kota bisa berada di tengah-tengah keluarga LVRI Kediri," kata Lasijo.

Dalam kegiatan itu, ada 11 veteran yang diberikan santunan. Pemberian itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar pada veteran yang telah ditunjuk yang dilakukan bersamaan dengan peringatan HUT Ke-74 RI.

Pemberian santunan atau tali asih tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Tali asih ini diberikan Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Sosial Kota Kediri berupa bingkisan dan alat kesehatan berupa kursi roda, alat bantu dengar, dan korset.

Alat kesehatan ini diberikan untuk membantu para veteran yang memiliki keterbatasan kemampuan berjalan ataupun keterbatasan kemampuan mendengar.

Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Dinsos Kota Kediri Triyono Kutut dan jajaran LVRI dan Piveri Cabang Kediri. Para penerima juga sangat senang dan berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan, sebab sangat membantu dalam aktivitas mereka sehari-hari, yang mayoritas sudah berusia lanjut.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019