Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan setiap daerah wajib mempromosikan keunggulan yang dimiliki kabupaten/kota sebagai wujud membantu dalam memajukan Indonesia pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 RI.

"Ini juga menjadi bagian dari tema Hari Kemerdekaan kali ini, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju," ujarnya kepada wartawan ditemui usai menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan detik-detik Proklamasi HUT Ke-74 RI di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu.

Di Jatim, kata dia, sangat banyak keunggulan-keunggulan yang layak dipromosikan untuk daerah, salah satunya kekayaan destinasi wisata, antara lain kawasan Bromo-Tengger-Semeru (BTS), Gunung Ijen, hingga wisata konservasi bakau.

"Keunggulan daerah ini harus dipromosikan, tapi perlu diingat jangan sampai merusak daya dukung alam dan sekitarnya," ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga mendorong semua lini dan elemen-elemen strategis, terutama para pemangku kebijakan yang memiliki lembaga di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan UMKM dapat memicu sumber daya manusia lebih unggul.

Sementara, pada upacara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB itu disambut 17 kali dentuman meriam oleh pasukan Batalyon Artileri Medan 8 Jember yang dipusatkan dari Taman Prestasi atau tepat di belakang Gedung Negara Grahadi.

Puncak peringatan detik-detik Proklamasi ditandai dengan dikibarkannya bendera merah putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, bertindak sebagai pembaca teks Proklamasi adalah Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar.

Usai upacara, Gubernur Khofifah juga menggelar tasyukuran bersama para veteran, pejuang perintis Kemerdekaan beserta sejumlah keluarga Pahlawan Nasional, khususnya asal Jatim.

Sejumlah konsul jenderal negara-negara sahabat juga turut menghadiri acara tasyakuran yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Gubernur Jatim beserta Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani/Kevin Constaniyo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019