Kapolresta Sidoarjo, Jatim, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, mengajak generasi muda dan  masyarakat untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela ibu pertiwi.

"Kami siap meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menjaga persatuan, kesatuan juga keutuhan NKRI," ucap Kapolresta Sidoarjo Kombes Polisi Zain Dwi Nugroho saat menjadi Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci peringatan Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia, di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Jalan Pahlawan, Sidoarjo, Sabtu dini hari.

Ia mengatakan, apel kehormatan dan renungan suci merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang tahun 2019 ini memasuki usia ke-74.

"Pada kesempatan apel kehormatan dan renungan suci ini, kami mengenang jasa besar serta pengorbanan para pahlawan dalam berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Pada apel kehormatan dan renungan suci peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia ini, diikuti Bupati Sidoarjo, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, jajaran TNI-Polri di Kabupaten Sidoarjo, dan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

Dengan penerangan yang minim, ditambah nyala beberapa obor di Taman Makam Pahlawan, seluruh peserta apel memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur di medan perang yang sangat berjasa bagi vangsa dan negara.

Sebelumnya, puluhan anggota Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur, doa bersama yang ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan menjelang HUT Ke-74 Republik Indonesia.

Waka Polresta Sidoarjo AKBP M. Anggi Naulifar Siregar di Sidoarjo mengatakan, doa bersama ini dilakukan di Masjid As Siddiq Polresta Sidoarjo.

"Kali ini, doa bersama mengambil tema, 'Doa Bersama untuk para Pahlawan dalam Upaya Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menuju SDM Unggul Indonesia Maju'," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019