Warga Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, menyatakan tetap melanjutkan perjuangan pahlawan melalui langkah-langkah pembenahan area perkampungan secara berkelanjutan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Rukun Warga (RW) 7 Kelurahan Sukoharjo, Akhmad Zakaria mengatakan bahwa sejak beberapa tahun lalu, dirinya berupaya untuk mendorong masyarakat untuk membenahi area perkampungan dengan lebih baik supaya bersih, sehat, nyaman, dan asri.

"Melanjutkan perjuangan pahlawan itu dengan cara berkelanjutan, memberi pemahaman dan menggerakkan masyarakat untuk mengelola kampung dengan baik," kata dai di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Ia menjelaskan, warisan kemerdekaan yang dinikmati masyarakat saat ini, perlu diisi dengan hal-hal yang mampu memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar. Terlebih, perjuangan para pahlawan untuk memperoleh kemerdekaan itu tidak mudah.

"Para pahlawan sudah berjuang dan berkorban banyak, kita tinggal menghirup udara kemerdekaan sepert saat ini, dan harus melanjutkan perjuangan mereka," kata Akhmad.

Ia menerangkan, salah satu upaya untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan di wilayah RW 7 Kelurahan Sukoharjo salah satunya dengan membenahi area perkampungan untuk menghilangkan kesan kumuh dan tidak layak huni.

Pembenahan area perkampungan yang diapit oleh dua pasar, yakni Pasar Besar Malang, dan Pasar Comboran tersebut, lanjutnya tidak bisa dilakukan dalam sekejap.

Perlu perubahan pola pikir dari masyarakat setempat, agar program-program yang sudah disusun bisa dijalankan secara berkelanjutan.

"Saya melihat, bahwa kami tidak bisa merubah lingkungan menjadi baik sebelum masyarakat kita data, dan bagi saya, merubah pola pikir itu yang paling penting," lanjut dia.

Saat ini, area perkampungan yang ada di wilayah RW 7 Kelurahan Sukoharjo jauh dari kondisi kumuh. Akses jalan yang dibenahi sedemikian rupa, membuat wilayah perkampungan padat penduduk tersebut nyaman dan bersih.

Pada tiap-tiap rumah, ada pot-pot tanaman yang bukan hanya menjadi penghias perkampungan, namun juga memberikan kesan segar di tengah-tengah permukiman. Bahkan, ada satu area terbuka yang diubah menjadi taman.

Akhmad menambahkan, pembenahan yang dilakukan bukan hanya mencakup aspek lingkungan area perkampungan saja. Namun juga mencakup keamanan di wilayah tersebut. Pada RW 7 tersebut, telah dipasang 45 Closed Circuit Television (CCTV) untuk menjamin keamanan warga.

Pada 2019, lanjut dia dirinya bersama dengan masyarakat RW 7 Kelurahan Sukoharjo akan fokus pada pengembangan kampung tematik. Wilayah tersebut, memiliki tiga keunikan yakni kampung pahlawan, kampung santri, dan kampung pendidikan. (*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019