PT Taspen (Persero) Cabang Malang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Bank Mandiri Taspen menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi sebanyak 255 aparatur sipil negara yang akan jatuh tempo pensiun enam bulan mendatang.

Keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Jumat, menyebutkan pelatihan yang berlangsung di Hotel Horison Pasuruan selama sehari penuh pada Kamis (15/8) itu diisi sejumlah pemateri, di antaranya Kepala PT Taspen Cabang Malang Judhi Budi Wirjanto dan Direktur Bank Mandiri Taspen (Mantap) Iwan Soeroto.

Pelatihan ini juga dihadiri Kepala PT Taspen Cabang Utama Surabaya Khairul Rasidi dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Kabupaten Pasuruan Henis Widiyanto.

"Pelatihan kewirausahaan ini bertujuan mempersiapkan mental para ASN dan memberikan bekal keterampilan, keahlian, meningkatkan pemahaman wawasan kewirausahaan, serta mengenalkan peluang bisnis yang dapat dilakukan pada masa pensiun untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berwirausaha," kata Henis.

Ratusan ASN yang menjadi peserta pelatihan itu berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Kepala PT Taspen Cabang Malang Judhi Budi Wirjanto menjelaskan, materi pelatihan yang disampaikan meliputi ketaspenan, perbankan, dan kewirausahaan, seperti budi daya tanaman hidroponik dan peternakan.

Selain itu, peserta juga mendengarkan testimoni dari penerima pensiun dengan kategori wirausaha sukses yang pensiun bulanannya dibayarkan oleh Bank Mantap (Mandiri Taspen).

Para peserta sangat antusias dan tertarik untuk mencoba berwirausaha sebagaimana materi yang telah disampaikan oleh mentor, karena modal usaha yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Beberapa peserta langsung berkeinginan belajar lebih jauh dan melakukan kunjungan pada mentor atau wirausahawan sukses. Mentor juga bersedia menampung atau membeli hasil panen pelaku wirausaha.

Judhi Budi berharap program ini dapat dilaksanakan berkelanjutan karena memberikan dampak positif bagi ASN yang akan jatuh tempo pensiun untuk menjadi wirausahawan dan tetap berkarir pada masa pensiun. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019