Kepolisian Resor Blitar, Jawa Timur, menyembelih hewan kurban baik sapi serta kambing di markas Polres Blitar, yang kemudian dagingnya dibagikan kepada warga dengan wadah yang terbuat dari besek atau anyaman bambu.

"Kami memang mengadakan penyembelihan hewan kurban. Ada empat ekor kambing dan tiga ekor sapi yang penyembelihannya dilaksanakan di Mako Polres Blitar," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Blitar Iptu Burhanuddin di Blitar, Minggu.

Ia juga mengatakan, proses penyembelihan dilakukan oleh petugas khusus. Setelah semua hewan disembelih, lalu dikuliti dagingnya. Ada beberapa petugas yang menguliti daging tersebut hingga mengirisnya dengan irisan yang cukup untuk dibagikan pada warga.

Dalam proses pembagian daging kurban itu, Polres Blitar memanfaatkan besek sebagai wadahnya. Hal itu dilakukan guna mendukung program pemerintah go green, zero waste yang meniadakan atau mengurangi sampah plastik yang sulit diolah oleh lingkungan.

"Penyaluran daging kurban untuk warga sekitar mapolres. Jadi, kami juga mendukung program untuk go green. Kami mengganti plastik dengan besek sebagai wadah daging yang akan disalurkan ke masyarakat," kata dia.

Selain menyembelih hewan kurban di Mapolres Blitar, polisi juga turut serta menyerahkan sejumlah hewan kurban ke beberapa tempat. Total ada empat ekor sapi dan 28 kambing. Dari jumlah itu, empat ekor kambing dan tiga sapi disembelih di mapolres.

Beberapa yang mendapat antara lain Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin di Desa Resapombo, Kecamatan Doko. Selain itu, juga ke sejumlah lembaga sosial, masjid, panti asuhan di Kabupaten Blitar.

Sementara itu, proses pemberiannya juga dilakukan di Mapolres Blitar. Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridha secara simbolis menyerahkan daging hewan kurban kepada warga yang sudah ditaruh di besek. Warga penerima juga sangat senang dengan pemberian itu dan mereka berterimakasih.

Proses pembagiannya juga berlangsung dengan lancar. Selain dihadiri Kapolres, juga dihadiri para anggota serta ibu bhayangkari yang juga ikut membagikan daging kurban itu.

Dikonfirmasi terkait dengan penggunaan besek untuk pembagian daging kurban di lokasi pemberian bantuan, Burhan mengatakan tidak mengetahui dengan persis, sebab sudah diserahkan ke panitia penyembelihan di masing-masing lokasi.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019