Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kediri, Jawa Timur, mengajak para narapidana di lapas itu untuk mengikuti berbagai macam lomba memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan RI.

"Yang pasti kami ingin membuat suasana di dalam tenang, karena sekarang tensi di seluruh lapas tinggi, mengharap remisi. Jadi, kami membuat kegiatan agar adem, tenang," kata Kepala Lapas Kelas II A Kediri Kusmanto Ekoputro di Kediri, Jumat.

Ia mengatakan, beberapa lomba yang digelar itu, antara lain olahraga hingga permainan tradisional. Untuk olahraga, misalnya bola voli, sedangkan permainan tradisional, misalnya lomba lari, membawa kelereng, makan kerupuk, hingga memasukkan benang dalam jarum. 

"Kami beri permainan sederhana dengan harapan tenang. Harapannya lapas kondusif dan bisa dapat remisi, syaratnya kelakuan baik. Jadi, pertandingan lucu. Yang pasti ada hiburan juga, supaya tidak terlalu tegang," katanya.

Dalam kegiatan itu, para narapidana, baik laki-laki maupun perempuan ikut serta. Namun, untuk pertandingan dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Para narapidana juga sangat menikmati berbagai macam pertandingan. 

Sementara itu, seluruh pegawai di lapas juga mengadakan rangkaian peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI tersebut. Beberapa kegiatan yang digelar antara lain jalan sehat dan berbagai lomba dengan peserta antarpegawai. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019