Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada dalam wilayah kerja Pemerintah Kota Batu, untuk menciptakan berbagai terobosan dalam upaya meningkatkan skala perekonomian daerah.

Dewanti mengatakan, hal tersebut perlu dilakukan supaya Kota Batu bisa terus bersaing dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia. Langkah-langkah yang dilakukan, salah satunya adalah dengan belajar dari pihak swasta dalam mengembangkan potensi yang ada di Kota Batu.

"Orang-orang yang ada di birokrasi Pemerintah Kota Batu, harus bisa mengambil ilmu yang datang dari kalangan swasta dalam menciptakan berbagai terobosan, supaya tidak ketinggalan," kata Dewanti, dalam Festival Kampung Berseri Astra, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu.

Dewanti mengatakan, salah satu hal yang bisa diambil sebagai contoh adalah langkah PT Astra International Tbk dalam penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Penyaluran CSR tersebut, dikemas dalam Festival Kampung Berseri Astra, yang merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dan diimplementasikan kepada masyakrakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan.

"Saya nanti akan meminta dinas untuk terus mendampingi dan mengambil ilmu dari apa yang sudah dilakukan di Desa Bumiaji. Jika itu dirasakan punya dampak luar biasa, saya akan meminta untuk dilakukan di tempat lain," ujar Dewanti.

Langkah tersebut, dalam upaya untuk memajukan perekonomian masyarakat Kota Batu. Desa Bumiaji, merupakan salah satu desa di Jawa Timur yang menyandang predikat sebagai Desa Sejahtera Astra.

Desa Bumiaji, dimotori oleh salah satu penerima apresiasi Satu Indonesia Award 2017 yakni Anjani Sekar Arum, atau yang biasa dikenal sebagai Si Batik Bantengan. Anjani, memberikan pelatihan membatik kepada kurang lebih 390 anak, dan membuat Desa Bumiaji mampu mengangkat batik bantengan sebagai salah satu produk unggulan.

Dewanti menambahkan, dengan adanya program yang berkesinambungan dan pendampingan dari Pemerintah Kota Batu, diharapkan Desa Bumiaji bisa menjadi salah satu desa unggulan di Kota Batu dalam waktu dekat, dan mampu memutar roda perekonomian dengan lebih kencang.

"Diharapkan bisa menjadi desa unggulan, kami mendorong itu. Kota Batu secara umum tidak ada masalah, namun, kita harus lebih maju. Jika hanya berdiam diri, kita akan tertinggal," ujar Dewanti.

Melalui program Kampung Berseri Astra, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehar, cerdas, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pada Festival Kampung Berseri, juga menampilkan Pasar Rakyat yang menampilkan produk-produk unggulan Desa Sejahtera Astra dan UMKM binaan lainnya, termasuk pentas seni, dan membatik.

Tercatat, hingga saat ini ada kurang lebih sebanyak 11.896 Usaha Mikro Kecil Menengah yang telah dibina oleh Astra, dan 645 Desa Sejahtera Astra yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019