PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengajak sebanyak 100 siswa SD asal Kota Malang, Jawa Timur, untuk naik kereta api gratis menuju Surabaya dan mengenalkan nilai-nilai kepahlawan dengan mengunjungi Museum 10 Nopember.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto di Surabaya, Selasa, mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional dengan menggelar Edutrain Ceria bertema "Memperkenalkan Nilai-Nilai Kepahlawan".

"Acara ini, kami kemas dengan cara mengajak 100 perwakilan siswa di Kota Malang berwisata ke Museum 10 Nopember, Surabaya dengan menggunakan Kereta Api PLB Jayakarta tambahan (KA 7072) relasi Malang-Surabaya Gubeng secara gratis," katanya.

Ia mengatakan, siswa yang rata-rata berasal dari kelas 1-3 Sekolah Dasar itu berangkat dari Stasiun Malang pukul 11:10 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada 13:22 WIB.

"Di Stasiun Gubeng, para peserta dikenalkan tentang sejarah dan perkembangan perkeretaapian Indonesia, sekaligus sebagai sarana sosialisasi seputar disiplin berlalu lintasm" tuturnya.

Selanjutnya, rombongan menuju Museum 10 Nopember dengan menggunakan bus yang terletak di Jalan Pahlawan - Surabaya, dan diberikan penjelasan mengenai rangkaian peristiwa pertempuran Sepuluh Nopember 1945 di Surabaya.

Sementara itu, Museum 10 Nopember didirikan pada tanggal 10 Nopember 1991, kemudian diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden ke 4 Indonesia K.H. Abdurrahman Wahid.

Museum ini terdiri dari dua lantai, yaitu di lantai satu digunakan untuk pameran 10 gugus patung yang melambangkan semangat juang arek-arek Suroboyo dan sosiodrama pidato Bung Tomo, serta terdapat pula ruangan pemutaran film pertempuran 10 Nopember 1945.

"Kami berharap dengan kegiatan ini anak-anak mengetahui akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Sehingga, bisa memahami arti dari nilai kepahlawanan secara nyata. Melalui penyajian yang dikemas secara menghibur dan santai," katanya.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019