Bagi yang sudah pernah melaksankan ibadah haji ataupun umroh, tak salah jika menyampatkan diri berkunjung ke kawasan Pondok Pesantren Al Fatah yang ada di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Di desa tersebut suasana terasa mirip dengan di Madinah Al Munawaroh, Arab Saudi, sehingga mendapatkan julukan Kampung Madinah.

Di kampung tersebut, para santri dan warga asli bisa berbaur dengan harmonis dan saling mendukung. Kehidupan sehari-hari, warganya yang menduplikasi Kota Madinah Arab Saudi menjadi viral sejak beberapa waktu terakhir. Bahkan saat azan salat fardu berkumandang, suasana pasar langsung sepi ditinggal penjual dan pembeli untuk berbondong-bondong ke masjid.

Menurut Kasie Pemerintahan Desa Temboro, Lukman Hakim, di desanya tersebut kondisi perekonomian warga desa juga ikut terdongkrak naik dengan adanya pondok yang memiliki santri hingga puluhan ribu ini.

Para warga setempat bisa mendapatkan penghasilan dari berjualan makanan untuk santri, membuat pakaian gamis, hingga menyewakan kamar rumahnya bagi para keluarga santri yang berkunjung di ponpes yang berdiri sejak tahun 1950 tersebut.
 

Video Oleh Rindhu Dwi Kartiko

Pewarta: Rindhu Dwi Kartiko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019