Sebanyak lima inovasi pelayanan publik Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB).

Dalam siaran pers diterima ANTARA di Banyuwangi, Kamis, lima program inovasi Kabupaten Banyuwangi, yang mendapatkan penghargaan itu di antaranya, Rantang Kasih, Banyuwangi Mall, CHIPS, Barisan Siap dan Banyuwangi Festival.

Penghargaan ini diberikan Menteri PAN-RB, Syafruddin kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam acara penyerahan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Semarang, Kamis. Di waktu bersamaan diserahkan pula penghargaan UNPSA (UN Public Service Awards) 2019 pada Banyuwangi.

"Alhamdulillah, ada lima inovasi dari Banyuwangi berhasil menembus TOP 99 Sinovik, dari 3.156 inovasi yang masuk. Kompetisi tahunan ini menjadi salah satu motivasi untuk melahirkan inovasi publik untuk menyejahterakan masyarakat. Bahkan agenda wisata kami juga berhasil masuk jajaran inovasi TOP 99," kata Bupati Anas.

Ia menjelaskan, Banyuwangi Festival merupakan agenda wisata yang digelar sejak 2012, dan hal ini bukan sekedar sebagai agenda wisata, namun ini adalah cara Banyuwangi melakukan konsolidasi di bidang budaya, infrastruktur, masyarakat dan ekonomi.

"Dalam mengerjakan event Banyuwangi Festival, kami mengerjakannya tanpa event organizer.Birokrat, masyarakat, swasta hingga TNI/Polri terlibat di setiap pelaksanaan. Secara tak langsung kami akhirnya bergotong royong menyukseskan event, yang akhirnya menjadi modal sosial yang kuat Banyuwangi," ujarnya.

Menurut Anas, dengan warga dilibatkan maka warga secara tidak langsung belajar menciptakan event yang bisa menarik wisatawan.

"Ini merupakan bentuk transfer knowledge untuk warga dalam membuat kegiatan yang kreatif. Dengan datangnya wisatawan, tentunya berdampak pada menggeliatnya ekonomi warga setempat," paparnya.

Di sisi infrastruktur, Anas mencontohkan pelaksanaan balap sepeda internasional Tour de Banyuwangi Ijen, para pembalap menempuh rute sekitar 600 km selama empat hari berkeliling di seluruh jalanan Banyuwangi.

"Balap sepeda ini, secara tidak langsung memaksa kami melakukan konsolidasi infrastruktur fisik. Rute yang dilewati memaksa kami untuk memastikan jalanannya harus teraspal dengan baik. Ini menjadi cara kami untuk melakukan kontrol terhadap kondisi infrastruktur fisik," katanya.

Ia menambahkan, banyak hal baik dan bermanfaat yang didapatkan dalam menggarap kegiatan Banyuwangi Festival, seperti budaya juga terus tumbuh dan terpelihara karena separuh lebih merupakan kegiatan tradisi dan budaya.

Program lain asal Banyuwangi yang berhasil meraih penghargaan, yakni program pemberian makanan bergizi kepada lansia yang hidup sebatang kara (Rantang Kasih), Banyuwangi Mall, sebuah marketplace yang dibuat pertama kali oleh sebuah kabupaten di Indonesia, tidak hanya untuk memasarkan produk UMKM, Banyuwangi Mall juga mengedukasi pelaku mikro meningkatkan kualitas produknya agar mudah dipasarkan.

Program lainnya adalah "Chips Primadona Kami" (Calon Harapan Insan Penghuni Surga, Prioritas Melayani dan Solusi Nasib Keluarga Miskin).

Sementara Penghargaan UNPSA yang diraih Banyuwangi adalah lewat program Laskar Sakina (Stop Angka Kematian Ibu dan Anak), laskar tersebut beranggotakan kader kesehatan, tokoh agama dan masyarakat, PKK, aparat kepolisian hingga pedagang sayur keliling yang ditugaskan mencari, menemukan dan melaporkan ibu hamil baru dengan risiko tinggi di wilayah mereka berjualan.

"Lewat program ini, angka kematian ibu melahirkan di Kecamatan Sempu bisa ditekan hingga zero," kata Anas.

Selain itu, katanya, dalam merancang program inovatif, pemkab juga menggandeng pihak lain.

"Tangan kami terbatas, namun dengan berkolaborasi dengan banyak pihak, jangkauan kami akan makin luas. Pelayanan publik kami jauh lebih optimal, seperti yang kami lakukan dengan pihak kepolisian lewat program Barisan Siap yang juga menerima penghargaan serupa dari Menteri PAN-RB," tuturnya.

Polres Banyuwangi berhasil meraih penghargaan serupa lewat program Barisan Siap. Program ini merupakan akronim dari "Bhabinkamtibmas Respons Pengaduan Setiap Masalah Publik", di mana salah satu programnya adalah pendirian rumah singgah bagi ibu hamil berisiko tinggi di Dusun Krajan, Jambewangi, Sempu, kawasan tepi hutan yang terdekat dengan Gunung Raung.

"Salah satu inisiatornya adalah  Brigadir Oki Heru, anggota Polsek Sempu yang berinisiatif mengajak warga gotong-royong membangun rumah singgah. Rumah singgah ini menjadi tempat transit bagi ibu hamil beberapa hari sebelum perkiraan kelahiran," kata Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019