Paduan Suara Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih enam gelar juara di ajang "the 3rd Leonardo da Vinci International Choral Festival" di Firenze, Italia, pada 9-12 Juli 2019 lalu.

Keenam gelar tersebut adalah juara 1 kategori Sacred Music, juara 1 kategori Folk, dan peringkat kedua kategori "Youth & University Choirs, Best Male Soloist, Best Female Soloist", serta "Best Choreography".

Pembina PSM ITS Dr Ing Ir Bambang Soemardiono di Surabaya, Selasa, mengatakan di Italia PSM ITS membawakan 12 buah lagu yang terdiri dari lagu folklor dan lagu-lagu klasik.

"Di sana PSM ITS mengenakan dua jenis kostum yang berbeda yakni kostum bertema klasik dan etnik yang menggunakan kain tradisional khas Lombok, Nusa Tenggara Barat," katanya.

Selain PSM ITS sebagai satu-satunya perwakilan dari Indonesia, ada pula peserta dari Amerika Serikat, Denmark, Tiongkok, Costa Rica, Filipina, Spanyol, Serbia, Korea Selatan, Taiwan dan Italia.

"Beberapa peserta memiliki kualitas yang sangat bagus, seperti halnya Denmark dan Filipina," ujarnya.

Dikatakan Bambang, saat kompetisi berlangsung, beberapa dewan juri sempat memuji PSM ITS karena kualitasnya sebagai tim paduan suara sangat bagus. Disinggung mengenai hambatan ketika berkompetisi, Bambang mengaku, sebenarnya tidak ada kesulitan berarti.

"Hanya mungkin karena cuaca panas, jadi harus disiasati bagaimana caranya agar kondisi tetap fit," tuturnya.

Setelah beberapa kali berkompetisi di luar negeri dan meraih gelar juara, sambung Bambang, ini adalah capaian tertinggi PSM ITS.

"Setelah berkompetisi selama enam kali di luar negeri seperti Korea Selatan, Italia, Spanyol dan Inggris, kita bisa mempersembahkan yang terbaik untuk ITS tahun ini," tutur dosen Departemen Arsitektur ITS ini.

Atas prestasi ini, ia berharap ke depan PSM ITS tetap dapat mempertahankan kualitas dan semangat juaranya. "Tidak ada harapan lain selain bisa terus lebih baik lagi," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi Susanto Yohanes selaku konduktor tim PSM ITS mengatakan, timnya kali ini termasuk salah satu tim terbaik dari yang pernah ia pimpin sebelumnya.

"Kerja keras dan komitmen para anggota tim telah membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga ini bisa memotivasi kita semua untuk terus maju," tuturnya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019