Ratusan purnawirawan polisi yang pernah bertugas di Polda Jawa Timur diarak menggunakan becak pada upacara Pedang Pora Wisuda Purna Bhakti di Mapolda setempat, Jumat.

Irwasda Polda Jawa Timur Kombes Pol Sutardjo yang memimpin upacara tersebut mengatakan ada sebanyak 103 purnawirawan yang dilepas untuk kembali ke masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai rangkaian Hari Bhayangkara ke-73. Tujuannya memberi penghargaan ke purnawirawan yang pernah bertugas di Polda Jatim," katanya.

Sutardjo mengatakan, upacara tersebut juga dilakukan serentak di seluruh Polres yang ada di Jatim dengan 1.298 purnawirawan yang dilepas untuk kembali ke masyarakat.

"Jumlah keseluruhan purnawirawan yang purna tugas ada 1.298 di Jatim tapi di Polda Jatim hanya 103 karena masing-masing Polres juga mengadakan," katanya.

Selain sebagai simbol penghargaan atas jasa yang telah diberikan para purnawirawan, upacara tersebut diselenggarakan agar purnawirawan tetap mengabdi untuk masyarakat meskipun tidak lagi berdinas di kepolisian.

"Pensiun bukan berarti selesai tugas, mereka tetap mengabdi sesuai dengan tugas masing-masing di masyarakat," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan kali ini para Pejabat Utama Polda Jatim, Pengurus Bhayangkari Daerah Jatim serta Purnawirawan Polri.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019