Kontingen Kota Kediri secara keseluruhan memborong sebanyak 12 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu untuk memastikan predikat juara umum cabang olahraga atletik pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VI tahun 2019.

Pada perlombaan hari terakhir di lintasan atletik Stadion Bumi Wali, Kabupaten Tuban, Selasa, para pelari Kota Kediri sukses menambah tiga keping emas, masing-masing dari nomor 4x100 meter estafet putra dan putri.

Tim estafet putra yang beranggotakan Faiz Azami, Prasha Rizki, Reva Putra, dan Angga Aji Satria menyentuh garis finis pertama dengan catatan waktu 45,30 detik. Sedangkan tim putrinya yang terdiri atas Chaisa Marita, Martha Ika, Citra Nuriya, dan Marika Yunitasa juga mencatat waktu tercepat 53,78 detik.

Satu medali emas lainnya untuk kontingen Kota Kediri dipersembahkan Fikri Fatih dari nomor lari 400 meter putra.

Keperkasaan Kota Kediri di cabang atletik jauh mengungguli para pesaingnya, seperti Kota Malang yang berada di urutan kedua dengan mengoleksi 4 emas dan 2 perak, kemudian Kabupaten mengumpulkan 3 emas, 5 perak dan 5 perunggu, serta Kabupaten Malang dan Sidoarjo masing-masing mendapatkan tiga emas.

"Sukses ini tidak lepas dari pola pembinaan berjenjang yang kami lakukan selama ini, mulai dari atlet usia dini," kata pelatih atletik Kota Kediri Sujito, seperti dikutip dari laman resmi KONI Jatim.

Ia menambahkan, pembinaan atlet dilakukan sejak usia dini sekolah dasar, berlanjut ke jenjang SMP hingga SMA. Para atlet cilik ditangani atlet-atlet senior, tetapi di bawah pengawasan tim pelatih. "Sedangkan atlet junior dilatih para pelatih junior, begitu seterusnya. Ini yang membuat regenerasi atlet dan pelatih terus terjaga," ujar Sujito. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019