Wali Kota Malang Sutiaji mengingatkan kepada ribuan jamaah calon haji (JCH) khususnya yang berasal dari Kota Malang, Jawa Timur, untuk menjaga kondisi fisik selama melakukan ibadah di Tanah Suci.

Sutiaji mengatakan, jamaah calon haji yang berasal dari masyarakat umum termasuk para aparatur sipil negara (ASN) Kota Malang yang akan melaksanakan ibadah haji, harus benar-benar memperhatikan masalah manajemen waktu, supaya kondisi fisik dan kesehatan tetap terjaga.

"Saya juga ingin menitipkan pesan khususnya kepada  jamaah calon haji, agar benar-benar menjaga kondisi kesehatan fisik, mental maupun materiil," kata Sutiaji, di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Sutiaji menjelaskan, hal tersebut perlu dilakukan oleh para jamaah mengingat kondisi cuaca di Arab Saudi yang berbeda dengan di Indonesia, terlebih, para jamaah juga memiliki jadwal ibadah yang cukup padat.

"Para jamaah harus melakukan manajemen waktu, untuk menjaga kesehatan. Harus bisa membedakan mana yang sunnah dan mana yang wajib," ujar Sutiaji.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji juga memberikan pembekalan terhadap kurang lebih 62 orang ASN di lingkungan Pemerintah Kota Malang yang akan melaksanakan ibadah haji. Diharapkan, para ASN tersebut nantinya bisa menularkan semangat kebaikan saat usai beribadah di tanah suci.

Sebagai catatan, sebanyak 1.352 jamaah calon haji asal Kota Malang, Jawa Timur, akan diberangkatkan pekan depan menuju Asrama Haji Embarkasi Sukolillo Surabaya, sebelum bertolak ke Madinah, Arab Saudi.

"Pemerintah Kota Malang tidak bisa memberikan apa-apa selain doa, semoga haji mabrur dan diberikan kesehatan serta keselamatan," kata Sutiaji.

Rencananya, pemberangkatan ribuan JCH asal Kota Malang yang terbagi dalam tiga kloter yakni 15, 16, dan 17 tersebut akan dilakukan pada 11 Juli 2019. Para jamaah akan diberangkatkan dari Lapangan Rampal, Kota Malang mengingat jumlahnya cukup banyak.

Untuk kloter 15 dan 16, akan diberangkatkan kurang lebih pukul 07.00 WIB, dan akan diterima di Asrama Haji Embarkasi Sukolillo Surabaya kurang lebih pada pukul 09.00 WIB. Sementara kloter 17, akan diberangkatkan pada pukul 10.00 WIB, dan diterima pada 12.00 WIB. Para Calon Jemaah Haji tersebut, akan berada di Asrama Haji Embarkasi Sukolillo Surabaya selama satu malam.

Pada 12 Juli 2019, akan langsung diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Juanda menuju Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019