Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, Habib Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri meningkatkan konsolidasi birokrasi di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kota setempat selama 99 hari kerja sejak ditetapkan sebagai kepala daerah periode 2019-2024.

"Di bagian organisasi telah dilakukan evaluasi area reformasi birokrasi yang dilaksanakan pada Mei 2019, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin di Probolinggo, Kamis.

Kegiatan 8 area reformasi birokrasi yang sudah dilaksanakan di antaranya penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB), pelayanan publik berupa kegiatan forum konsultasi publik, rancangan Perda Pelayanan Publik, pengembanagna inovasi pelayanan publik, dan perubahan kelembagaan yang masih dalam proses.

Sementara di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Probolinggo telah dilakukan pelayanan administrasi kependudukan yang meliputi pelayanan perekaman keliling KTP elektronik di 29 kelurahan, pelayanan perekaman dan cetak KTP elektronik, pelayanan kunjungan rumah untuk perekaman KTP.

"Kami juga telah melakukan pelayanan KIA dengan pengurusan kolektif melalui PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, kemudian perekaman KTP elektronik di pondok pesantren, dan perekaman KTP elektronik di SMA/ SMK se-Kota Probolinggo," tuturnya.

Untuk Diskominfo Kota Probolinggo juga meningkatkan pemberdayaan peran kelompok informasi masyarakat, kemudian pengembangan aplikasi layanan e-government call center 112, pengelolaan data dan sistem elektronik integrasi aplikasi dan pemerintahan ke dalam dashboard probolinggo view dan peresiapan launching probolinggo view.

Wali Kota Habib Hadi dan Wawali Subri juga telah merilis kepada sejumlah wartawan di Kota Probolinggo terkait dengan capaian kinerja selama 99 hari kerja yang tepat pada 4 Juli 2019.

Rilis tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan capaian program dan realisasi kegiatan yang sudah dilaksanakan keduanya dengan mengusung visi "Bersama Rakyat Membangun Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan".

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019