Ribuan masyarakat menghadiri halalbihalal dan shalawatan bersama Habib Syech Abdul Qodir Assegaf  di area wisata halal "Ngopibareng  di Pintu Langit", Ledug,  Prigen, Pasuruan, yang berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, Minggu (23/6) malam.

Masyarakat berbondong-bondong hadir di tempat acara di Dusun Jeruk sejak siang dan sore hari, meskipun acara baru dimulai mal;am hari, usai shalat isyak. Area parkir yang dijaga petugas dari kalangan pemuda desa,  tampak padat, 

“Saya bangga bisa di sini khususnya di wisata halal ini yang dulunya tempat orang yang tidak waras, tapi sekarang berubah,  ada wisata halal,” kata Habib Syech mengawali acara halalbihalal dan shalawatan di kawasan berhawa sejuk tersebut.

Sementara itu, Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang juga tuan rumah acara halalbihalal dan shalawatan mengakui acara kali ini sangat istimewa karena bisa kembali bersilaturahmi bersama masyarakat, berhalalbihalal dan dihadiri Habib Syech Abdul Qodir Assegaf.

Menurut mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode tersebut halalbihalal kali ini sengaja digelar di lokasi wisata "ngopibareng di pintu langit" karena sangat cocok dengan konsep lokasi wisata halal yang sedang dirintis bersama warga setempat.

“Wisata halal ini berarti bahan bakunya halal, prosesnya halal dan produknya juga halal," katanya sembari menambahkan meski berkonsep halal, namun nonmuslim tetap bisa berkunjung dan dilayani dengan baik. 

Wisata halal "ngopibareng di pintu langit" Desa Ledug ini berada di areal sekitar delapan hektare. Objek wisata yang kini sedang dalam tahap pembangunan tersebut dilengkapi aneka wahana permainan mulai dari kincir ria atau dermolen, kemudian ombak banyu, becak terbang, bianglala,  water boom, serta camping ground, jogging track dan lainnya. 

Di lokasi itu terdapat perbukitan yang dinamai "Bukit Bendil", yakni tempat tertinggi yang dilengkapi pintu langit  tempat swafoto dengan pemandangan  Kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan Malang sekaligus.

Tampak hadir dalam acara ini tidak hanya masyarakat Desa Leduk, tapi juga masyarakat dari berbagai daerah di Jatim Seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan. Selain itu,  Bupati Pasutuan Irsyad Yusuf dan Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron. (*)

Pewarta: SHP

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019