Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan diet sampah plastik saat jalan santai sebagai salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-101, Senin.

Ning Ita, sapaan wali kota mengajak seluruh warga Kota Mojokerto untuk hidup bersih dan sehat.

"Melalui kegiatan ini agar kita selalu menjaga pola hidup sehat, termasuk kampanye bebas sampah plastik yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Kota Mojokerto. Ini harus selalu kita gaungkan dan kita sampaikan kepada seluruh masyarakat," ujar Ning Ita.

Dia menjelaskan, sampah plastik butuh waktu ratusan tahun untuk terurai. Hal ini menjadi tanggung jawab generasi sekarang sehingga dapat memberikan kenyamanan dan mewariskan bumi yang sehat untuk generasi penerus bangsa.

Ning Ita menghimbau agar warga Kota Mojokerto menjaga kerukunan dan kebersamaan di kota Mojokerto. Hal itu penting agar pembangunan program-program pemerintah bisa berjalan dengan lancar untuk menyejahterakan warga Kota Mojokerto.      

Ning Ita menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh pihak atas terlaksananya kegiatan jalan sehat dan senam massal germas termasuk diantaranya dukungan dari seluruh rumah sakit di Kota Mojokerto yang memberikan pemeriksaan gratis.

"Juga dukungan dari TNI Polri ini adalah wujud sinergitas dan harmonisasi di Kota Mojokerto yang bisa menjadi contoh bagi seluruh masyarakat. Kalau pimpinan bisa kompak maka masyarakatnya juga harus guyub rukun, dan selalu menjalin kebersamaan," katanya.

Dalam kesempatan ini Ning Ita bersama Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria Ketua TP PKK Kota Mojokerto serta Sekdakot Mojokerto selain mengikuti pemeriksaan kesehatan juga mengikuti senam cuci tangan bersama Saka Bhakti Husada Kota Mojokerto.

Sebelum jalan santai dimulai, ribuan peserta melakukan senam peregangan dan senam line dance.

Jalan santai mengambil rute start di lapangan Surodinawan-Jalan Surodinawan-Jalan Cinde-Jalan RayaBlooto-Jalan Kemasan-Kemasan Gang Makam-Jalan Suromurukan-Jalan Ketidur dan finis di lapangan Surodinawan. Para peserta bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis dan mengikuti pengundian doorprize dari panitia.  

Kegiatan ini juga menjadi kampanye hidup sehat dengan slogan CERDIK. Yaitu C untuk cek kesehatan secara rutin, E untuk enyahkan asap rokok, R untuk rutin olah raga, D untuk diet gizi seimbang, I untuk istirahat cukup dan K untuk kelola stres.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019